Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERANGKAT AJAR BAHASA INDONESIA KELAS XI

 PERANGKAT AJAR
BAHASA INDONESIA

PERANGKAT AJAR
BAHASA INDONESIA
Fase F
Bahasa Indonesia
SMK Negeri 1 Lelea Kelas XI




Penyusun:
ABDUL KONI, S.Pd.
NIP 197208262022211001



ISI:
CAPAIAN PEMBELAJARAN, ALUR CAPAIAN PEMBELAJARAN
MODUL ARGUMENTASI, TEKS BERITA, TEKS CERPEN, TEKS PUISI, TEKS DRAMA, DAN KARYA ILMIAH
TAHUN 2024
 
PRAKATA
Segala puji bagi Allah, Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan perangkat ajar ini. Disampaikan juga rasa terima kasih kami kepada pihak-pihak yang telah memberikan dukungan sehingga perangkat ajar ini dapat dapat terselesaikan guna menyiapkan pembelajaran yang berkualitas untuk untuk peserta didik.

Perangkat ajar ini ini telah selesai penulis buat dengan semaksimal dan sebaik mungkin agar menjadi panduan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia Fase F kelas XI SMK Negeri 1 Lelea. Perangkat ajar ini disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) sesuai dengan Kurikulum Operasional Sekolah yang lebih menempatkan peserta didik untuk Merdeka dalam belajar. Perangkat ajar ini juga disusun berdasarkan prinsip pembelajaran berdiferensiasi sebagai bentuk pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik serta memfasilitasi bakat minatnya.

Penulis sadar, masih terdapat kesalahan dalam penulis modul ini. Oleh sebab itu, penulis sangat terbuka atas pemberian kritik dan juga saran, agar penulis terus dapat meningkatkan kualitas modul berikutnya.

Demikian perangkat ajar ini penulis buat, semoga bermanfaat khususnya bagi peserta didik dan guru untuk melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka.

Penyusun,
ABDUL KONI, S.Pd.



PENGESAHAN


Judul : Perangkat Ajar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Fase/Kelas : Fase F/Kelas XI
Tahun Pelajaran : 2024/2025
Semester : III dan IV


Penyusun : Abdul Koni, S.Pd.


Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Lelea
Alamat Sekolah : Jl. Raya Lelea – Tugu Desa Tamansari Kecamatan Lelea




Mengetahui:
Disetuji dan disahkan


                        Pengawas                                                                     Kepala SMK Negeri 1 Lelea



AMIN KISWOYOWATI, S.Pi., M.Pd.                                         H. HADI MULYONO, S.Pd.,M.M.
       NIP. 197307222000122003                                                         NIP 19710117 200501 1 004

A. Capaian Umum

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Peserta didik mampu mengkreasi gagasan dan pendapat untuk berbagai tujuan. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan berbahasa yang melibatkan banyak orang. Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri untuk selalu berkarya dengan mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di berbagai media untuk memajukan peradaban bangsa.

B. Capaian Per-Elemen

1. Menyimak
Peserta didik mampu mengevaluasi berbagai gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak.

2. Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Peserta didik mampu mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi. Peserta didik mampu mengevaluasi dan merefleksi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Peserta didik mampu mengapresiasi berbagai tipe teks. Peserta didik mampu mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks.

3. Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyajikan gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan dan kreativitas dalam berbahasa dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, sistematis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menyajikan karya sastra secara kreatif dan menarik. Peserta didik mampu mengkreasi teks sesuai dengan norma kesopanan dan budaya Indonesia. Peserta didik mampu menyajikan dan mempertahankan hasil penelitian, serta menyimpulkan masukan dari mitra diskusi.

4. Menulis
Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, pengetahuan metakognisi untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menulis berbagai jenis karya sastra. Peserta didik mampu menulis teks refleksi diri. Peserta didik mampu menulis hasil penelitian, teks fungsional dunia kerja, dan pengembangan studi lanjut. Peserta didik mampu menerbitkan tulisan hasil karyanya di media cetak, elektronik, dan/atau digital.


MODUL
4. TEKS ARGUMENTASI
6. TEKS CERPEN

Post a Comment for "PERANGKAT AJAR BAHASA INDONESIA KELAS XI"