Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Kerja Ekstrakurikuler Seni

Sarip Anwar dalam monolog

Setiap sekolah memiliki kurikulum yang bermanfaat dalam mendukung peningkatan prestasi siswa baik akademik dan non akademik. Salah satu program yang diharapkan mampu menjadi wadah peningkatan kreativitas siswa adalah kegiatan ekstrakurikuler baik ekskul wajib atau pilihan. Tentu setiap sekolah memiliki program kerja ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan jenis ekskul masing-masing. Berikut beberapa contoh program kerja ekstrakulikuler untuk mendukung kreativitas siswa baik akademik atau non akademik yaitu:

1. Perkenalan siswa dan siswi pada program ekstrakurikuler.

Program kerja yang dilaksanakan pada awal tahun saat melakukan perekrutan calon anggota kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

2. Aktif melakukan pelatihan dan pembinaan pada anggota ekskul.

Untuk ekskul tertentu yang harus melakukan pelatihan dan pembinaan sebelum menjadi anggota resmi seperti pramuka, PMR, taekwondo, atau lainnya, maka program kerja ini selalu wajib dilakukan.

3. Meningkatkan minat siswa dan siswi pada kegiatan ekstrakurikuler.

Program kerja ekskul adalah meningkatkan minat siswa dan siswi pada kegiatan ekstrakurikuler diluar jam belajar di kelas.

4. Meningkatkan kreativitas dan hobi siswa dan siswi.

Setiap latihan ekskul diharapkan mampu meningkatkan kreativitas, penyaluran bakat, minat, dan hobi siswa siswi di lingkup sekolah.

5. Melakukan latihan kegiatan ekstrakurikuler rutin.

Latihan kegiatan ekskul rutin menjadi program kerja wajib, misalnya pramuka dilangsungkan seminggu sekali pada hari tertentu.

6. Meningkatkan prestasi ekstrakurikuler di berbagai tingkat.

Program kerja yang wajib dilakukan guna meningkatkan prestasi ekskul di berbagai tingkat di luar sekolah, misalnya mengikuti perlombaan di tingkat kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional sesuai kebijakan ekskul masing-masing sesuai ketentuan sekolah.

7. Melakukan kegiatan sparring partner dengan ekskul dari sekolah lain.

Bisa menjadi salah satu program kerja kegiatan ekskul untuk melakukan kegiatan sparring partner dengan ekskul sejenis dari sekolah lain.

8. Melaksanakan kegiatan tambahan untuk meningkatkan solidaritas tim.

Kegiatan tambahan yang dilakukan bisa berupa pelatihan, gathering party dan lain-lain.

9. Melakukan studi banding secara rutin.

Kegiatan studi banding bisa menjadi agenda rutin sesuai kebijakan ekskul masing-masing untuk meningkatkan perkembangan dan kemajuan ekskul tersebut.

10. Melakukan perawatan inventaris atau perlengkapan ekstrakurikuler sekolah.

Seluruh anggota ekskul wajib melakukan inventaris atau perlengkapan kegiatan ekskul di sekolah, misalnya klub PMR yang wajib melakukan pembersihan UKS rutin, piket UKS. Penggalangan dana, dan lain-lain. Hal serupa berlaku untuk kegiatan ekskul lain seperti pramuka, musik, rohis, dan jenis ekskul yang ada di sekolah.

Program kerja ekstrakurikuler secara umum di atas bisa menjadi bahan referensi Kamu yang ingin aktif menjadi anggota ekskul terkait. Kamu wajib mematuhi aturan ekskul agar bisa menjadikan ekskul sebagai wadah yang bisa meningkatkan kreativitas dan prestasi Kamu sendiri, ya! Mengikuti ekskul untuk meningkatkan prestasi sekaligus mencegah dari aktivitas negatif di lingkup sekolah atau luar sekolah, kenapa tidak?

Dan berikut ini adalah contoh program kerja Ekskul Teater.

RENCANA PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER TEATER

SMK NEGERI 1 LELEA


BAB I

PENDAHULUAN

1. 1. Pengertian

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di kurikulum dan umumnya pihak sekolah menyediakan waktu satu hari untuk pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan ekstrakurikuler sangat berguna untuk pengembangan hobi, minat dan bakat siswa pada hal tertentu. Di sisi lain, pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu bentuk perhatian sekolah pada siswa agar melakukan kegiatan yang lebih positif.

Para siswa SMK adalah anak yang sedang dalam masa perailihan dari pribadi seorang anak menuju pribadi yang lebih dewasa, mereka cenderung menjauh dari orang tua dan lebih percaya pada teman, mempunyai energi yang besar sehingga mereka tampak lebih emosional. Kecenderungan lain adalah mereka berkelompok dengan teman yang memiliki kesukaan yang sama.

Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler pada setiap sekolah diharapkan dapat menjadi wadah untuk penyaluran energi para siswa dan jenis kegiatan ekstrakulikuler yang kami susun adalah ekskul Seni Teater

1. 2. Maksud dan Tujuan

Berkaitan dengan hal tersebut di atas kami dari pengurus Ekstrakurikuler Teater bermaksud untuk menetapkan sasaran serta langkah-langkah dalam mewujudkan kegiatan bidang seni teater sebagai wadah penyaluran bakat, hobi dan keterampilan dalam bidang kesenian serta melatih menyelami peran tokoh tertentu.

Tujuan dari rencana program kerja kegiatan ini adalah sebagai acuan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang teater

BAB II

NAMA, TARGET DAN JADWAL KEGIATAN

2. 1. Nama Kegiatan

Nama kegiatan yang telah berjalan adalah Ekstrakurikuler Teater SMKN 1 Lelea.

2. 2. Target Kegiatan

Target dari kegiatan ini adalah Siswa/siswi SMKN 1 Lelea kelas X  atau latihan lanjutan untuk kelas XI dan XII.

2.3. Jadwal Kegiatan

Kegiatan latihan yang telah berjalan adalah satu kali dalam satu minggu yaitu pada hari Kamis dan jam 15.30 WIB berlokasi di AULA SMKN 1 Lelea.

BAB III

RENCANA PROGRAM KERJA

3. 1. Rencana Program kerja Jangka Pendek dan Menengah

Setelah berjalan sekian lama ekstrakurikuler Teater hingga saat ini masih tetap berjalan, ini berkat adanya kerja sama antara sekolah, guru, pengurus ekstarkurikuler Teater dan pelatih Teater serta pihak-pihak terkait yang mendukung kegiatan ekstarkurikuler teater.

Adapun rencana kegiatan jangka pendek dan menengah ini meliputi:

  1. Memperkenalkan dan mempertunjukkan ekstrakurikuler teater SMKN 1 Lelea kepada siswa/siswi SMKN ! Lelea.
  2. Mengajak dan merekrut siswa/siswi kelas X untuk ikut serta dalam kegiatan ekstrakurikuler teater SMKN 1 Lelea.
  3. Mampu menunjukkan sebagai ekstrakurikuler seni teater yang diminati oleh siswa/siswi SMKN ! Lelea.
  4. Sebagai wadah penyalur minat, bakat dan hobi bagi siswa/siswi SMKN 1 Lelea.
  5. Melakukan latihan rutin sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan.
  6. Selain itu sebagai salah satu cabang seni diharapkan dapat memunculkan bibit-bibit aktor dan artis baru dalam bidang seni teater.

3.2. Rencana Program Kerja Jangka Panjang

Dalam program jangka panjang ini di rencanakan akan melanjutkan program-program yang belum terlaksana pada periode sebelumnya dan yang akan dilaksanakan pada periode saat ini, hal itu di susun dalam bentuk program sebagai berikut:

 Melanjutkan program yang belum terselesaikan pada periode sebelumnya.

 Melanjutkan program-program yang berkesinambungan, di antaranya :

a. Melaksanakan kegiatan latihan gabungan yang dilaksanakan per tiga bulan (triwulan) atau per 6 bulan (semester) dengan jadwal dan waktu yang akan di tentukan kemudian.

b. Melaksanakan kegiatan pementasan yang dilaksanakan setiap akhir semester.

c. Melaksanakan kegiatan demontrasi teaterikal guna memperkenalkan kegiatan ektrakurikuler teater kepada para siswa/siswi baru.

 Melaksanakan kegiatan-kegiatan tambahan yang berguna untuk memperkokoh tali persaudaraan dan silatuhrahmi antara anggota atau dari anggota kegiatan ekstrakurikuler lain dan juga kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan pengembangan diri.

 Bekerja sama dengan seniman-seniman lain dalam rangka studi banding untuk melihat sejauh mana perkembangan para siswa selama menjalani masa latihan.

 Mengikuti perlombaan-perlombaan baik internal maupun eksternal seperti Lomba teater Piala Gubernur, FLS2N dan lomba-lomba dalam bidang seni teater yang di selenggarakan oleh badan-badan atau instansi-instansi terkait.

BAB IV

PENUTUP

Demikianlah gambaran rencana program kerja ini kami susun dengan harapan akan menjadi acuan dalam melaksanakan langkah-langkah kegiatan ekstrakurikuler teater, sehingga perkembangan kegiatan ini akan lebih jelas dan terarah dalam pencapaian tujuan dengan disertai bantuan oleh pihak-pihak yang terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Semoga rencana kegiatan ini akan dapat terlaksana dengan baik dan pada akhirnya akan tercapainya tujuan yang telah ditentukan serta dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Post a Comment for "Contoh Program Kerja Ekstrakurikuler Seni"