Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGUBAH PUISI MENJADI PROSA BESERTA CONTOHNYA

Ilustrasi puisi jadi prosa
Ketelair Indonesia_ Memahami sebuah puisi, terkadang lebih sulit daripada isi sebuah cerita. Salah satu cara untuk memahami isi puisi yaitu mengubahnya menjadi prosa atau cerita. Dalam ilmu bahasa, mengubah puisi menjadi prosa disebut parafrasa.

Prafrasa puisi bertujuan untuk menjelaskan makna yang tersembunyi agar lebih mudah untuk dipahami. Parafrasa puisi dapat dilakukan dengan cara menambahkan kata-kata, tujuannya untuk memperjelas maksud dan makna dari sebuah puisi.

Dikutip dari buku Seni Mengenal Puisi karya Agnes Pitaloka dan Amelia Sundari, dalam parafrasa puisi ada dua metode yang dapat dilakukan yaitu:

1. Parafrasa terikat, yakni metode mengubah puisi menjadi prosa dengan menambahkan sejumlah kata pada puisi sehingga kalimatnya mudah dipahami. Dalam metode ini seluruh kata dalam puisi masih tetap digunakan dalam parafrasa tersebut.

2. Parafrasa bebas, adalah cara mengubah puisi menjadi prosa dengan menceritakan kembali menggunakan bahasa dan kata-kata sendiri. Kata-kata yang terdapat dalam puisi masih dapat digunakan atau bisa juga tidak digunakan.

Langkah Mengubah Puisi Menjadi Prosa
Setelah mengetahui metode parafrasa puisi, berikut adalah langkah-langkah mengubah puisi menjadi prosa yang dikutip dari buku Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SD/MI Kelas VI oleh Tim Tunas Karya Guru:
  1. Membaca isi puisi berulang-ulang hingga makna puisi tersebut dipahami.
  2. Mencari persamaan kata atau sinonim dari kata-kata sulit yang ada dalam puisi.
  3. Menambahkan kata-kata pada puisi sehingga menjadi sebuah kalimat yang utuh.
  4. Merangkaikan kalimat-kalimat tersebut sehingga menjadi paragraf yang padu.
Agar lebih memahami bagaimana cara mengubah puisi menjadi bentuk prosa, simak contoh pengubahan puisi ke dalam bentuk prosa berikut ini.

Contoh Puisi yang Diubah Menjadi Prosa
Berikut contoh pengubahan puisi menjadi prosa dikutip dari buku Aku Suka Bahasa Indonesia karya Nandang dan Ismail. Adapun contoh puisi yang akan diubah dalam bentuk prosa adalah sebagai berikut:

Mentari Pagi
Karya N.R Pamungkas

Mentari bersinar lagi
Menandakan datangnya pagi

Kubuka jendela kamar
Aku hirup udara segar

Sungguh indah pemandangan ini
Semua ini karunia ilahi

Wahai sang Mentari
Janganlah engkau bosan menyinari

Menemani kami mengisi hari
Menemani seluruh pengisi bumi.

Berikut pengubahan puisi di atas ke dalam bentuk prosa:
Matahari yang bersinar menandakan datangnya pagi hari yang cerah. Saat membuka jendela kamar, aku dapat menghirup udaranya yang segar. Dari jendela kamar itu, aku pun dapat melihat pemadangan yang indah.

Semua nikmat dan karunia ini adalah pemberian dari Allah. Aku berharap, matahari akan terus bersinar. Memberikan kehidupan kepada seluruh makhluk hidup, sebab hanya mataharilah yang dapat menyinari seluruh bumi ini.

Setelah diubah ke dalam bentuk prosa, dapat dipahami dengan jelas makna yang terkandung dalam puisi tersebut. Sehingga, amanat atau pesan di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik ke pembaca maupun pendengar.

Post a Comment for "CARA MENGUBAH PUISI MENJADI PROSA BESERTA CONTOHNYA"