Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SURAT KECIL BUAT MAS ANIES BASWEDAN

@ anies baswedan
Terbanglah Indonesia
Terbang ke langit bebas
Gapai bintang hingga jauh melambung
Tunjukkan pada dunia merah putihmu

Terbanglah Indonesia
Takkan ada yang bisa mengikatmu
Juga mengurungmu
Kita bukan jangkrik di dalam kotak
Kita bebas merdeka

Terbanglah Indonesia
Terbanglah kemana kau ingin terbang
Lihatlah kemana kau ingin lihat
Cintailah apa yang kau ingini
Kebebasan bersandar di raga kita
Karena kita merdeka

Terbanglah Indonesia
Dunia harus tahu Indonesia bangsa yang hebat
Bangsa yang menghargai perdamaian
Tapi bukan berarti bisa diam jika kebebasan kita direnggut
Takkan kita biarkan hak kita diinjak-injak.

Terbanglah Indonesia
Di ujung samudera kedamaian kita memuncah
Berdiri di atas gunung
Kita jaga laut kita, kita jaga bumi kita
Takkan kita biarkan Indonesia hancur kembali
Karena Indonesia sudah merdeka di tahun empat lima.

Ketelair Indonesia_ Puisi karya Rayhandi ini nampaknya tepat sebagai pemantik semangat bagi mereka yang masih terpasung dan ragu membebaskan diri dari belenggu. Mas Anies ibarat burung, adalah burung rajawali yang kepak sayapnya luar biasa kuat, namun sekuat apapun kepak sayap yang dimiliki, kalau tak terbang tak akan ada yang mengerti betapa gagahnya sang rajawali.


Ya… Mas Anies hari ini memang gagah dan luar biasa dengan kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada rakyat, Rakyat Jakarta tahu itu dan rakyat Jakarta merasakan itu. Tapi apakah mereka yang berada jauh dari Jakarta juga merasakan, tentu tidak. Mereka juga ingin merasakan kebaikan dan keadilan yang engkau semai di Jakarta. Mas Anies sekarang harus berani menegaskan saya bukan hanya milik Jakarta, saya adalah milik Indonesia, dan saya harus terbang dan sapa, sentuh dan peluk mereka.

Mas Anies terbanglah di relung-relung hati rakyat Indonesia, rakyat mendambakan kebijakan keadilan yang kau hadirkan di ruang ketiga. Rindu rakyat akan Indonesia yang berkeadilan, Indonesia yang menyejahterakan, Indonesia yang damai, mestinya engkau raih dan genggam, tapi sayangnya, tanganmu tak sampai, karena engkau hanya terdiam di tempatmu, Mas Anies terbanglah, dekati mereka yang ada di pelosok-pelosok desa, kampung dan pasar-pasar, di majelis-majelis taklim, mereka tahu engkau baik, tapi mereka tak dekat, sapalah mereka, rengkuhlah mereka, raihlah mereka, genggam tangan mereka, peluk pundak mereka, pastilah hati mereka akan merasa dekat.

Mas Anies senyummu hanya ada di Jakarta, mereka rakyat nun jauh di pelosok pelosok negeri, hanya memandang dari kejauhan, sentuhlah mereka, dekati mereka dan sapa mereka.

Mas Anies engkau bukan lagi milik Jakarta, engkau sekarang milik rakyat Indonesia, jemputlah takdirmu dan bebaskan dirimu dari pasungan diri. Jangan menjauh dari harapan rakyat, hari ini mereka memandang mas Anies adalah sebuah harapan, sang juru selamat yang akan mewujudkan harapan-harapan mereka tentang Indonesia yang adil damai dan sejahtera.

Tentu harapan akan tetap menjadi harapan, kalau Mas Anies tak punya keberanian untuk membebaskan diri dari pasungan diri, Mas Anies beranilah sebagaimana mereka yang sudah lebih dahulu berani membebaskan dirinya dari pasungan. Mas Anies tak perlu lagi ewuh pakewuh dirinya, dengan segala formalitas yang ada, karena mereka tak butuh formalitas. Mereka hanya butuh bahwa harapan-harapan itu Mas Anies dengar dan Mas Anies catat untuk Mas Anies genggam dan Mas Anies wujudkan. Mereka percaya Mas Anies bisa, karena mereka sudah tahu dan mendengar bahwa Mas Anies adalah pemimpin Jakarta yang berkomitmen terhadap janji_janji yang dibuat untuk rakyat Jakarta.

Tak boleh lagi Mas Anies mengekang diri, Mas Anies terbanglah, kami tahu engkau adalah orang merdeka, terbanglah Mas Anies, agar rakyat Indonesia bisa kau genggam bersama kepak sayapmu menjemput takdirmu sebagai pemimpin Indonesia. Semoga saja!

Post a Comment for "SURAT KECIL BUAT MAS ANIES BASWEDAN"