Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KATA DAN PROSES PEMBENTUKANNYA [PPG]

kata & pembentukkannya
Ketelair Indonesia_ Dalam kegiatan berbahasa, kata dan proses pembentukannya menjadi bagian penting yang perlu diketahui, dipahami, dan diimplementasikan dalam kegiatan komunikasi. Dengan kata, segala maksud yang ingin disampaikan kepada orang lain dapat tersampaikan dengan baik.

Setelah mengetahui peran kata dalam kegiatan berbahasa, perlu dibahas tentang bagaimana kata dan proses pembentukannya. Materi ini meliputi pengertian kata, pembentukan kata, kategorisasi kata, dan kebakuan kata.

Relevansi
Modul ini memiliki relevansi untuk mendukung pelaksanaan program Pendidika Profesi Guru (PPG) dalam jabatan. Untuk dan agar dapat berkomunikasi dengan baik dan benar, diperlukan alat komunikasi yakni bahasa. Unsur bahasa yang digunakan pertama adalah kata. Pemilihan kata yang tepat tentu menjadi wajib diketahui oleh para guru, setidaknya tentang kata dan proses pembentukannya. Kata dan proses pembentukannya juga menjadi materi pembelajaran bahasa di sekolah.
Oleh karenanya sebagai guru Bahasa Indonesia, diharapkan Saudara memiliki pengetahuan tentang teori tersebut secara tepat dan benar. Materi modul ini diharapkan memiliki manfaat untuk lebih lebih mengenal kata dan proses pembentukannya.

Petunjuk Belajar
  • Bacalah capaian pembelajaran dan subcapaian modul ini dengan cermat.
  • Kerjakanlah setiap latihan, tugas, forum diskusi, dan tes formatif secara runtut dan optimal dengan memperhatikan rambu-rambu jawaban.
  • Saudara dapat menambah informasi tentang materi ini dengan membacasumb er referensi lain yang relevan.
INTI
Capaian pembelajaran
Peserta mampu menjelaskan kata dan proses pembentukannya serta dapat menggunakannya secara lisan dan tulis sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Sub capaian pembelajaran

a. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kata dan proses pembentukannya.
b. Peserta mampu menggunakan kata dalam bahasa Indonesia secara baik dan benar secara tulis maupun lisan.

Uraian Materi

A. Kata
Kata merupakan satuan bahasa terkecil yang dapat berdiri sendiri dengan makna yang bebas. Kata terdiri atas kata dasar dan kata berimbuhan. Dalam istilah linguistik, kata dasar diartikan sebagai dasar dari pembentukan kata yang lebih besar. Kata dasar merupakan jenis kata yang dapat berdiri sendiri dan tersusun atas morfem atau gabungan morfem. Contoh kata dasar antara lain: makan, mandi, sapu, cantik, tampan, hormat, dll.

Kata berimbuhan adalah kata dasar yang telah diberi imbuhan, baik itu awalan, sisipan, akhiran, maupun awalan-akhiran. Terkadang pemberian imbuhan tersebut memengaruhi perubahan makna pada kata turunan. Nama lain dari kata berimbuhan adalah kata turunan. Kata dasar berubah menjadi kata berimbuhan melalui proses morfologis. Proses ini dapat mengubah kategorisasi kata dari kelas tertentu ke kelas lain. Contoh kata berimbuhan yaitu, memakan, makanan, memandikan, bermandikan. menyapu, kecantikan, ketampanan, menghormati, terhormat. Setelah memahami konsep kata, selanjutnya kita akan membahas proses pembentukan kata melalui proses morfologis.

Post a Comment for "KATA DAN PROSES PEMBENTUKANNYA [PPG]"