Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HUBUNGAN BENTUK DAN MAKNA [PPG]

Ketelair Indonesia_ Pernahkah Anda ketika menulis atau bebicara lebih cenderung memilih kosakata tertentu daripada kosakata lainnya walaupun maknanya hampir sama?
ppg
Misalnya, Anda memilih kata wafat daripada mati jika ditujukan kepada manusia, padahal kedua kata tersebut memiliki makna yang hampir sama. Contoh lainnya misalnya, kadang kita menggunakan kata ayah daripada kata bapak, kata ibu dari pada bunda. Padahal, kata tersebut juga hampir memiliki makna yang kurang lebih sama. Ada beberapa kata yang memiliki makna yang sama, namun bentuknya berbeda. Sebaliknya, ada beberapa kosakata yang memiliki bentuk yang sama, tetapi maknanya berbeda. Salah satu cabang ilmu bahasa yang membahas terkait hal tersebut adalah semantik.

Relevansi
Pembelajaran pada kegiatan belajar 1 ini kita akan membahas salah satukajian  bahasa, yaitu semantik. Ilmu semantik adalah salah satu cabang ilmu bahasa yang mempelajari tentang makna yang terkandung dalam bahasa. Semantik mempelajari hubungan antara tanda-tanda linguistik dengan hal-hal yang ditandai.

Fokus pembelajaran semantik pada kegitan belajar 1 ini secara khusus akan membahas jenis-jenis makna dan hubungan bentuk dan makna. Materi ini relevan dengan pembelajaran bahasa Indonesia tingkat SMP dan SMA. Dengan mempelajari materi ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para guru peserta program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan.

Petunjuk Belajar
Berbagai materi yang terdapat pada modul ini sangat penting sebagai dasar berbagai jenis makna dan hubungan bentuk dan makna. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan pembelajaran kita kali ini.

1. Bacalah dengan cermat berbagai materi yang terdapat pada modul ini agar Anda dapat memahami setiap konsep yang disajikan.
2. Berilah tanda-tanda tertentu dan catatan khusus bagian-bagian yang Anda anggap penting.
3. Anda harus mengaitkan konsep-konsep baru dengan konsep-konsep lain yang telah Anda pelajari sebelumnya.
4. Anda juga harus menghubungkan berbagai konsep tersebut dengan berbagai kegiatan pembelajaran sehingga Anda dapat memahami dan menjelaskan manfaat konsep tersebut dalam proses pembelajaran.
5. Buatlah rangkuman setelah selesai membaca modul ini. Tidak perlu melihat rangkuman yang sudah ada dalam modul ini. Rangkuman yang terdapat dalam modul ini digunakan sebagai pembanding.
6. Untuk mengetahui penguasaan materi yang telah Anda baca, kerjakan tugas atau latihan yang terdapat pada modul ini. Kerjakan dengan sungguh-sungguh tanpa melihat kunci jawaban terlebih dahulu. Setelah selesai mengerjakan, Anda boleh mencocokkan dengan kunci jawaban.

Post a Comment for "HUBUNGAN BENTUK DAN MAKNA [PPG]"