Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BARU TAHU, TERNYATA !!! TANAH HITAM KAYA AKAN NUTRISI

tanah hitam
Ketelair Indonesia_ Tanah hitam menjadi sorotan para pakar tanah dunia dalam simposium internasional tentang tanah hitam di kota Harbin, China pada 10 - 11 September 2018. Tanah hitam merupakan penopang ketahanan pangan karena tanah ini produktif dan kaya akan nutrisi tanaman.

Tarsono/aktivis pertanian
Tanah hitam mudah dikenali di lahan pertanian. Warnanya coklat gelap hingga hitam, dengan ketebalan bervariasi. Tanah ini umumnya mengandung bahan organik yang tinggi dan beberapa tempat mempunyai pH yang tidak masam dan kaya nutrisi tanaman.

Direktur Divisi Lahan dan Air FAO, Dr. Eduardo Mansur, dalam sambutannya melalui video rekaman, menyampaikan bahwa kemitraan tanah global (Global Soil Partnership/GSP) saat ini telah menunjukan banyak capaian. Salah satu inisiasinya adalah pengembangan jejaring internasional untuk tanah hitam (International Network of Black Soil/INBS).

Pada waktu ini telah berkumpul para pakar tanah hitam untuk mendiskusikan pengelolaan yang lebih baik tanah hitam dan berharap simposislum dan workshop berjalan lancar. Tanah hitam adalah tanah yang produktif dan saat ini menjadi kantong-kantong pangan di berbagai negara. Namun pengelolaan yang intensif dan salah kelola menyebabkan tanah jenis ini berkurang dan bisa hilang.

Dr. Ronald Vargas, dari Sekretariat GSP, menyampaikan tanah hitam berada di antara dua isu utama global saat ini yaitu antara ketahanan pangan dan nutrisi dan perubahan iklim. Tindakan proteksi, konservasi, dan penerapan teknik pemanfaatan yang lestari adalah kunci utama agar posisi tanah hitam itu terjaga.
"Tanah hitam penopang ketahanan pangan dan nutrisi karena tanah ini tanah yang produktif dan kaya nutrisi tanaman. Tanaman dari tanah ini berpoduksi tinggi dan bernutrisi baik sehingga tanah ini sangat penting bagi ketahanan pangan," kata dia.
Tanah hitam juga penting dalam perubahan iklim karena menyimpan banyak karbon dan bisa menarik karbon dari udara melalui vegetasi yang tumbuh baik padanya. Sementara, kehilangan tanah karena erosi atau degradasi lainnya berarti menghilangkan karbon tanah.
 (sumber; suara merdeka)

Post a Comment for "BARU TAHU, TERNYATA !!! TANAH HITAM KAYA AKAN NUTRISI"