SASTRA KARO
Perkembangan Sastra Karo
Sejak kapankah sastra Karo ada? Sejauh penelitian yang dilakukan, tidak ada yang tahu pasti tentang masa perkembangan sastra Karo. Namun, untuk memudahkan penelaahan, perkembangan sastra Karo dapat dibagi dalam dua masa, yakni Era Klasik dan Era Modern.a. Era Klasik
Yang dimaksud dengan Era Klasik, adalah karya sastra yang lahir sebelum 28 Oktober 1928, yang bercorak cipta kedaerahan. Tema-tema yang di usung, lebih mengedepankan dongeng dan mitos. Seperti, hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan bisa berbicara. Peperangan antara gunung sibayak dan sinabung. Seperti kisah Ampie Ampio. Ampie ampio melukiskan suara siulan untuk memanggil burung. Cerita rakyat Karo ini berkisahkan tentang suami-istri yang berubah menjadi burung. Hal ini dikarenakan anak-anak mereka sangat malas, suka melawan orangtua dan suka berkelahi satu sama lain. Meskipun telah dinasehati berkali-kali, tetap saja tidak ada pertobatan dari anak-anak tersebut. Karena keputusasaan, akhirnya ayah dan ibu mereka berdoa, bersumpah dan meminta agar takdir kehidupannya dirubah apabila anak-anak mereka tetap tidak berubah.
Doa ayah dan ibu tersebut dianggap angin lalu oleh anak-anak mereka. Di penghujung keputusasaan, akhirnya orangtua mereka meminta kepada Penguasa Kehidupan, agar diri mereka diubah menjadi burung yang akan terbang kesana-kemari. Sehingga diri mereka terlepas dari beban penderitaan hidup. AKhirnya, sepasang suami istri tersebut berubah menjadi sepasang burung.
Semenjak kejadian ini, perubahan drastis terjadi pada anak-anak mereka yang merasakan kehilangan mendalam. Mereka sangat menyesali tingkah laku mereka. Yang tadinya malas dan suka bertengkar, tiba-tiba menjadi akur dan rajin sekali. Setiap senja tiba, anak-anak mereka selalu bernyanyi sambil menengadah ke langit;
Ampie ampio, sora kami erlebuh bandu
Ampie ampio, ulihi kami nande bapa kami
Ampie ampio, ukur metedeh kami la erngadi-ngadi
Artinya:
Ampie ampio, suara kami memanggil-manggil dirimu.
Ampie ampio, kembalilah kepada kami wahai ayah ibu kami
Ampie ampio, rasa rindu di hati kami datang tiada hentinya
Penyesalan selalu datang terlambat. Ayah ibu mereka tidak dapat lagi berubah menjadi manusia. Kisah ini sering dijadikan orangtua sebagai dongeng bagi anak-anak mereka sebelum tidur. Dongeng ini memiliki amanah utama, agar anak-anak tidak malas, cinta orangtua dan akur dengan saudara-saudaranya. Amanah tambahan, agar manusia juga mencintai margasatwa yang ada. Karena di ujung cerita diungkapkan, anak-anak tersebut tidak lagi mengenal burung yang mana yang menjadi jelmaan orangtua mereka. Akhirnya, mereka sangat mencintai setiap burung. Dan setiap senja, mereka menaburkan makanan burung di halaman rumah mereka. Dengan harapan, dari puluhan burung yang datang untuk makan, dua diantaranya adalah orangtua mereka.
b. Era Modern
Era Modern ditandai dengan lahirnya nasionalitas Indonesia dengan pengakuan secara resmi bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Meskipun demikian, penulis belum ada menemukan karya sastra Karo yang bertemakan nasionalitas Indonesia pada masa tersebut. Walaupun begitu, setidaknya gaung Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, juga membahana ke bumi turang meski terlambat beberapa waktu, karena minimnya sarana komunikasi. Tema-tema yang diusung, didominasi oleh gambaran kehidupan social kemasyarakatan.
Pemandangan yang tidak jauh berbeda juga terjadi pada sastra Indonesia. Beragam pendapat muncul perihal tonggak kelahiran kesusastraan Indonesia. Menurut pandangan Nugroho Notosusanto sebagaimana dikemukakan Rachmat Djoko Pradopo dalam buku Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya, 1995, kesusastraan Indonesia lahir seiring berdirinya organisasi pergerakan kebangsaan Indonesia yang pertama, yakni Budi Utomo, pada 20 Mei 1908.
Namun, penentuan kelahiran tersebut, harus juga didasarkan pada adanya karya sastra nyata, yang bersifat nasional. Kenyataannya, pada tanggal tersebut belum ada karya sastra yang bersifat nasional Indonesia. Ada karya sastra yang terbit sekitar tahun 1920 yang telah berciri nasional dengan bahasa Indonesia. Yakni, roman Student Hidjo karya Mas Marco, 1919 dan Hikayat Kadirun karya Semaun, 1920. Sementara pengakuan secara resmi perihal bahasa, bangsa dan tanah air Indonesia baru dikumandangkan pada 28 Oktober 1928.
Pergumulan dan kegelisahan perihal bunga rampai sastra daerah dan nasional, tidaklah perlu dianggap sebagai penghalang. Tetapi akan lebih nikmat bila dijadikan santapan awal guna menggeluti lebih jauh perihal khasanah sastra. Lebih baik menjaga dan melestarikan apa yang masih tersisa, sembari tetap mencari apa yang masih terasa hilang.
Secara tidak langsung, mau atau tidak mau, sastra Karo merupakan bagian dari sastra Indonesia. Sebab, khasanah kesusasteraan nasional Indonesia, ditopang oleh kesusasteraan daerah yang terdapat dari Sabang hingga Merauke. Jadi, yang menjadi substansi kegelisahan, adalah bagaimana agar Sastra Karo menjadi eksis dan tidak tenggelam diantara `hiruk pikuk` kesusasteraan di Indonesia.
Agar sastra Karo dapat dikenal secara nasional dan internasional, maka sastra Karo itu harus memakai `jalan pengenalan` yang diakui publik sesuai dengan segmen sasaran yang ingin dicapai. Misalkan, menggunakan bahasa Indonesia untuk tingkat nasional, dan minimal menggunakan bahasa Inggris untuk kalangan internasional.
Sementara, penilaian akan kualitas sebuah karya sastra, cenderung bersifat relatif. Karena, ini tergantung `kaca mata` penelaahan yang dipakai si penerima (pembaca) karya, dan tergantung bagaimana si pembuat karya menyampaikan pesan melalui karyanya. Penilaian tersebut berlaku umum. Terlepas dari pergumulan di atas, upaya-upaya untuk menggali dan mengembangkan karya sastra Karo, baik yang berkembang di Era Karo Klasik dan Era Karo Modern, perlu terus digalakkan. Karya sastra merupakan cerminan sosial sebuah peradaban yang mengandung amanah-amanah kehidupan. Sebagaimana kaidah sastra, maka dia akan berkembang dan tumbuh seiring zamannya.
Folklor, Tradisi Lisan, Sastra Lisan dan Sastra Tulis (Aksara Karo)
a. Folklor, Tradisi Lisan dan Sastra LisanFolklor sering dikacaukan dengan tradisi dan sastra lisan. Sebagai istilah menurut Bouman (1992: 29-30) folklor diadopsi dari bahasa Jerman (volkskunde), pertama kali digunakan tahun 1846 oleh William John Thoms. Meskipun demikian dalam perkembangan berikut secara etimologis leksikal folklore (folklore) dianggap berasal dari bahasa Inggris, dari akar kata folk (rakyat, bangsa, kolektivitas tertentu) dan lore (adat istiadat, kebiasaan). Jadi, lore adalah keseluruhan aktivitas, dalam hubungan iniaktivitas kelisanan dari folk. Dalam hubungan inilah folklor, yaitu kelisanan itu sendiri, sebagai oralty (Ong, 1982) dipertentangkan dengan keberaksaraan, literacy.
Brunvand (dalam Hutomo, 1991: 8) membedakan folklor menjadi tiga macam, yaiu folklor lisan (verbal folklore), folklor setengah lisan (partly verbal folklore), dan folklor bukan lisan (nonverbal folklore). Secara praktis ketiganya dapat dikenali melalui bentuk masing-masing, yaitu oral (mentifact), sosial (socifact), dan material (artifact). Folklor lisan terdiri atas ungkapan tradisional (pepatah, pribahasa, semboyan), nyanyian rakyat, bahasa rakyat, teka-teki, dan cerita rakyat. Folklor setengah lisan, di antaranya: drama rakyat, tari, upacara, permainan dan hiburan rakyat, dan pesta rakyat. Folklor nonlisan, di antaranya: material (mainan, makanan, arsitektur, alat-alat musik, pakaian, perhiasan, obat-obatan, dan sebagainya) dan bukan material (bunyi musik, bahasa isyarat). Folklor lisan dalam hubungan ini disamakan dengan sastra lisan, sedangkan folklor setengah lisan dan nonlisan termasuk tradisi lisan.
Dalam hal ini yang dipermasalahkan adalah dua istilah terakhir, yaitu tradisi dan sastra lisan. Secara definisi tradisi lisan adalah berbagai kebiasaan dalam masyarakat yang hidup secara lisan, sedangkan sastra lisan (oral literature) adalah berbagai bentuk sastra yang dikemukakan secara lisan. Jadi, tradisi lisan membicarakan tradisinya, sedangkan sastra lisan masalah sastranya. Sebagai sumber informasi antropologi sastra jelas berkaitan baik dengan tradisi lisan maupun sastra lisan. Artinya, dalam proses kreatif, kedua objek, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat menyumbangkan berbagai masalah dalam rangka penyusunan suatu karya sastra.
b. Ciri-ciri dan Bentuk Sastra Lisan
Tidak hanya sastra lisan Karo, tetapi semua sastra-sastra daerah pasti memiliki ciri-ciri. Berikut ini adalah ciri-ciri sastra lisan;
- Penyebarannya dilakukan dari mulut ke mulut. Oleh karena itu pula pada umumnya terdiri atas beberapa versi dan tidak ada pengarangnya, sehingga setiap orang bebas untuk menyalinnya.
- Pada umumnya hidup dalam masyarakat tradisional.
- Dianggap sebagai milik masyarakat bersama.
Menurut bentuknya, sastra lisan Karo itu dapat dibedakan atas tiga bentuk yaitu:
1. Bentuk puisi
2. Bentuk prosa liris
3. Bentuk prosa
1. Bentuk Puisi
- NdungNdungen, Dapat disamakan dengan pantun Melayu, biasanya terdiri dari 4 baris bersajak abad. Dua baris pertama berisi sampiran dan dua baris terakhir merupakan isi.
Isuan buluh belin : Ditanam bambu besar
Tehndu bulung pagi man rabin : Kamu tahu daun yang harus dibersihkan
Adi sereh kam man parang mbelin : Kalau kamu kawin dengan duda
Kam naring pagi man tami-tamin : Hanya kamu nanti yang dipuja-puja
Mehuli page i Sabah Lulang : Bagus padi di Sawah Lulang
Ulin denga pagi i Bekilang : Lebih bagus padi di Bekilang
Mesui tading melumang : Sakit hidup yatim piatu
Suin denga si kita sirang : Lebih sakit lagi kita berpisah
Cakap lumat atau ‘bahasa halus’ yang penuh dengan bahasa kias, pepatah pepitih, perumpamaan, pantun, teka-teki, dan lain-lain.
a. Bahasa Kias
Contoh:
Biang nangko beltu-beltu, kambing ipekpeki
Artinya: Anjing yang mencuri daging, kambing yang dipukuli
“Dikiaskan kepada orang yang menghukum orang yang tidak bersalah, lain yang bersalah, lain yang mendapat hukuman.”
Contoh:
Artinya: Anjing yang mencuri daging, kambing yang dipukuli
“Dikiaskan kepada orang yang menghukum orang yang tidak bersalah, lain yang bersalah, lain yang mendapat hukuman.”
Contoh:
Pengindo sikaciwer, adi udan erkubang-kubang adi lego rabu-abu.
Artinya: Nasib kencur, bila hujan berkubang-kubang, bila kemarau berabu-abu.
“Dikiaskan kepada orang yang selalu mendapat kesusahan (pikiran kusut).”
b. Pepatah-petitih
Contoh:
Artinya: Nasib kencur, bila hujan berkubang-kubang, bila kemarau berabu-abu.
“Dikiaskan kepada orang yang selalu mendapat kesusahan (pikiran kusut).”
b. Pepatah-petitih
Contoh:
Adi pang ridi ula mbiar litap
Artinya: kalau berani mandi jangan takut basah
Maksudnya:
Artinya: kalau berani mandi jangan takut basah
Maksudnya:
kalau berani melakukan sesuatu perbuatan harus berani pula menanggung resikonya.
Contoh:
Siksik lebe maka tindes
Artinya: Dicari terlebih dahulu baru dibunuh
Maksudnya: pikirkan terlebih dahulu baru diambil keputusan.
c. Perumpamaan
Contoh:
Artinya: Dicari terlebih dahulu baru dibunuh
Maksudnya: pikirkan terlebih dahulu baru diambil keputusan.
c. Perumpamaan
Contoh:
Bagi nimai buah parimbalang, erbunga pe lang apai ka erbuah.
Artinya: Seperti menanti buah parimbalang, berbunga pun tidak konon pula berbuah.
“Diumpamakan kepada orang yang mengharapkan sesuatu yang tak mungkin diperoleh.”
Contoh:
Artinya: Seperti menanti buah parimbalang, berbunga pun tidak konon pula berbuah.
“Diumpamakan kepada orang yang mengharapkan sesuatu yang tak mungkin diperoleh.”
Contoh:
Bagi kurmak sampe rakit, nggeluh erpala-pala mate terbiar-biar.
Artinya: Seperti kerakap tumbuh di batu hidup segan mati tak mau.
“Diumpamakan kepada yang susah penghidupannya, mungkin disebabkan oleh penyakit yang dideritanya, badan sudah kurus, harta sudah habis, tetapi ia tak mati-mati.”
d. Pantun
Contoh:
Artinya: Seperti kerakap tumbuh di batu hidup segan mati tak mau.
“Diumpamakan kepada yang susah penghidupannya, mungkin disebabkan oleh penyakit yang dideritanya, badan sudah kurus, harta sudah habis, tetapi ia tak mati-mati.”
d. Pantun
Contoh:
Tah kurung tah labang
Tah surung tah lahang
Artinya:
Tah surung tah lahang
Artinya:
Entah jangkrik tanah
Entah jangkrik ilalang
Entah jadi entah tidak
Contoh:
Entah jangkrik ilalang
Entah jadi entah tidak
Contoh:
Sere-sere sala gundi
Siarah lebe arah pudi
Artinya:
Siarah lebe arah pudi
Artinya:
Sere-sere sala gundi
Yang di depan menjadi ke belakang.
e. Teka-teki (kuning-kuningen)
Contoh:
Tulihken reh dohna. Kai?
Artinya: Semakin dilihat kebelakang semakin jauh, apakah itu?
Jawabnya: cuping ‘ Telinga’
Nguda-ngudana erbaju ratah
Tua-tuana erbaju gara. Kai?
Artinya:
Yang di depan menjadi ke belakang.
e. Teka-teki (kuning-kuningen)
Contoh:
Tulihken reh dohna. Kai?
Artinya: Semakin dilihat kebelakang semakin jauh, apakah itu?
Jawabnya: cuping ‘ Telinga’
Nguda-ngudana erbaju ratah
Tua-tuana erbaju gara. Kai?
Artinya:
Pada waktu muda berbaju hitam
Pada waktu tuanya berbaju merah. Apakah itu?
Jawabnya: Lacina ‘cabai’
Artinya: Tunduk, supaya tunduk, tunduk kata Allah supaya tunduk kata Muhammad. Memnohon pak Tujum supaya dikabulkan memakai Pekasih, pekasih si alam. Keturunan Nabi Allah,agar aku tidak di hukum si mata dua, Diam, diam, diam, diam, diam, diam, diam.
2. Bentuk Prosa Liris
Entah nidarami kin pe jelma ibabo taneh mekapal enda ni taruh langit meganjang enda entah di langir nge bagi ajangku enda sera suina nggeluh. Di turina ateku mesui kidah bagi ranting taman ku para nge kidah rusur. Emaka lanai bo kueteh nurikenca de suntuk nari nge kuidak kerina te mesui. Man ukurenku, onande beru Tariganku. I je makana entah nidarami kal pe jelma perliah si la lit nge bagi turina ajang mama nak Karo-karo mergana endah sera suine. Apai nge dah kam la bage ningku, onande bibingku karina. Enggo kuidah ajangku endah bagi sumpamana jelang kedataren kutera kin nge turinna jelang kedataren aji nindu gia min. o turang beru Sembiringku. Di turinna jalang kedataran sekali kelajangen pe labo lit singembarisa amina sekali penggel pe. Labo kenan tambaren sekali kedabuhen gelap auri pe la lit sipekarangsa amina sekali bene pe la lit sidaram-daram, o turang. E kal me turina ajang anak karo-karo mergana enda, o enda beru Sembiring. E makana nidarami kin pe jelma perliah si la lit nge bagi ajangku enda sera suina nggeluh. Ngkai maka la bage ningku, enggo kalajangku enda bagi sarintantang ndabuh ku namo, anima ndabuh pe sea tama buena, amina la ndabuh pe sea tama urakna, o me taktak cibal geluahku ras adumku o nandengku kerina. Emakana labo lit gunan turiken ningku.
3. Bentuk Prosa
Tulisen (aksara) Karo, adalah salah satu aksara kuno yang ada di nusantara. Yang merupakan kumpulan dari tanda-tanda (karakter/simbol-simbol) untuk menyatakan sesuatu, yang pemakaiannya dimengerti dan disepakati, yakni oleh masyarakat penggunanya, yaitu: masyarakat Karo itu sendiri. Tulisen Karo merupakan milik dari masyarakat (etnis) Karo atau dengan kata lain, tulisen yang tumbuh dan berkembang di masyarakat (etnis) Karo serta tersebar luas, dipergunakan dan diajarkan (awalnya dengan bahasa pengantar, cakap Karo) di ruang lingkup Karo yang dulunya meliputi pesisir timur di Sumatera (Oostkust van Sumatera) bagian utara dan dataran tinggi Karo yang terbentang luas diatas pegunungan Bukit Barisan.
Contoh:
Pada waktu tuanya berbaju merah. Apakah itu?
Jawabnya: Lacina ‘cabai’
- Tabas atau ‘mantra’ umumnya hanya dukun yang mengetahuinya. Konon kabarnya kalau mantra itu sudah diketahui oleh orang banyak maka keampuhannya akan hilang. Tabas (mantra) dilantunkan kepada roh-roh untuk upacara penyembuhan Batak Karo.
Artinya: Tunduk, supaya tunduk, tunduk kata Allah supaya tunduk kata Muhammad. Memnohon pak Tujum supaya dikabulkan memakai Pekasih, pekasih si alam. Keturunan Nabi Allah,agar aku tidak di hukum si mata dua, Diam, diam, diam, diam, diam, diam, diam.
2. Bentuk Prosa Liris
- Bilang-bilang, yang berupa dendang duka, biasanya didendangkan dengan ratapan oleh orang-orang yang pernah mengalami duka nestapa, seperti ratapan terhadap ibu yang telah meninggal dunia, meratapi kekasih idaman hati yang telah direbut orang lain atau pergi mengembara kerantau orang.
Entah nidarami kin pe jelma ibabo taneh mekapal enda ni taruh langit meganjang enda entah di langir nge bagi ajangku enda sera suina nggeluh. Di turina ateku mesui kidah bagi ranting taman ku para nge kidah rusur. Emaka lanai bo kueteh nurikenca de suntuk nari nge kuidak kerina te mesui. Man ukurenku, onande beru Tariganku. I je makana entah nidarami kal pe jelma perliah si la lit nge bagi turina ajang mama nak Karo-karo mergana endah sera suine. Apai nge dah kam la bage ningku, onande bibingku karina. Enggo kuidah ajangku endah bagi sumpamana jelang kedataren kutera kin nge turinna jelang kedataren aji nindu gia min. o turang beru Sembiringku. Di turinna jalang kedataran sekali kelajangen pe labo lit singembarisa amina sekali penggel pe. Labo kenan tambaren sekali kedabuhen gelap auri pe la lit sipekarangsa amina sekali bene pe la lit sidaram-daram, o turang. E kal me turina ajang anak karo-karo mergana enda, o enda beru Sembiring. E makana nidarami kin pe jelma perliah si la lit nge bagi ajangku enda sera suina nggeluh. Ngkai maka la bage ningku, enggo kalajangku enda bagi sarintantang ndabuh ku namo, anima ndabuh pe sea tama buena, amina la ndabuh pe sea tama urakna, o me taktak cibal geluahku ras adumku o nandengku kerina. Emakana labo lit gunan turiken ningku.
3. Bentuk Prosa
- Turin-turian atau ‘cerita’ yang berbentuk prosa, khususnya mite (dongeng) dan legenda yang disampaikan teutama sebagai tradisi lisan. Turi-turian ini tidak hanya memuat legenda masa lalu, tetapi juga uraian yentang kosmogoni dan kosmologi. Karena segala sesuatu yang terjadi di dunia ini dapat di jelaskan memalaui kebijaksanaan yang dipertahankan dalam turi-turian, pengetahuan ini merupakan prasyarat bagi para dukun magis Batak Karo, meskipun tidak dibatasi pada spesialis ini. Pagelaran turi-turian berlangsung beberapa hari (siang dan malam), dirayakan seperti festival kecil. Sang ahli pidato diberi kopi, rokok, dan siri, penonton setengah mendengarkan sambil mengobrol, bergaul dan jajan. Tindakan menggelar pertunjukannya dianggap lebih penting dari pada isi ceritanya sendiri, yang memang sudah dikenal kebanyakan pendengar. Namun, karena urbanisasi dan perubahan sosial lain, keakraban umum dengan cerita-cerita ini menghilang dengan teratur. Beberapa judul ceritanya, antara lain: Beru Patimar, Panglima Cimpa Gabor-gabor, Gosing si Aji Bonar, dan sebagainya.
Tulisen (aksara) Karo, adalah salah satu aksara kuno yang ada di nusantara. Yang merupakan kumpulan dari tanda-tanda (karakter/simbol-simbol) untuk menyatakan sesuatu, yang pemakaiannya dimengerti dan disepakati, yakni oleh masyarakat penggunanya, yaitu: masyarakat Karo itu sendiri. Tulisen Karo merupakan milik dari masyarakat (etnis) Karo atau dengan kata lain, tulisen yang tumbuh dan berkembang di masyarakat (etnis) Karo serta tersebar luas, dipergunakan dan diajarkan (awalnya dengan bahasa pengantar, cakap Karo) di ruang lingkup Karo yang dulunya meliputi pesisir timur di Sumatera (Oostkust van Sumatera) bagian utara dan dataran tinggi Karo yang terbentang luas diatas pegunungan Bukit Barisan.
Contoh:
Post a Comment for "SASTRA KARO"