Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puisi Lama itu Apa ?

apa itu puisi lama ?
Ketelair Indonesia_ Siapa di antara kamu yang suka menulis dan tertarik dengan dunia sastra? Nah, jika kalian ingin menggeluti dunia sastra, kalian pun harus mengetahui karakter dan contoh-contoh tulisannya. Pada artikel ini, kita akan coba untuk mengenal jenis-jenis puisi lama. Dalam puisi lama, ada beberapa jenis yang bisa kalian pelajari dan pahami baik-baik. Mulai dari pantun, mantra, karmina, syair, gurindam, seloka, talibu, juga contoh dari puisi dari Chairil Anwar.

Puisi lama itu apa, sih? Jadi, puisi lama itu merupakan puisi yang terikat dengan aturan-aturan tertentu, seperti rima, jumlah baris, dan juga makna yang terkandung di dalamnya. Puisi lama memiliki beberapa jenis dan ciri-cirinya masing-masing.

ciri-ciri puisi lama
Okay, sekarang di bawah ini ada beberapa contoh dari puisi lama yang bisa kalian pelajari dan pahami.

Contoh Pantun;

Burung merpati burung dara
Terbang menuju angkasa luas
Hati siapa takkan gembira
Karena aku telah naik kelas

Asam kandis asam gelugur
Ketiga asam si riang-riang
Menangis mayat di pintu kubur
Teringat badan tidak sembahyang

Contoh Karmina ;

Lukamu adalah lukaku, ditahan di dalam kalbu
Tetaplah maju, meski tak tahu yang dituju

Burung perkutut terbang melayang
Abang kentut tidak bilang-bilang

Contoh Mantra;

Manunggaling Kawula Gusti
Ya Murubing Bumi
Sirku Sir Sang Hyang Widi
Kinasih kang asih

Sihir lontar pinang lontar
Terletak di ujung bumi
Setan buta jembalang tua
Aku sapa tidak berbunyi

Contoh Gurindam;

Kurang pikir kurang siasat
Tentu dirimu akan tersesat

Barang siapa tinggalkan sembahyang
Bagai rumah tiada bertiang

Jika suami tiada berhati lurus
Istri pun kelak menjadi kurus

Barang siapa tiada memegang agama
Sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama

Contoh Syair;

Pada zaman dahulu kala
Tersebutlah sebuah cerita
Sebuah kerajaan yang aman sentosa
Dipimpin sang raja nan bijaksana

Paras elok amat sempurna
Petak majelis bijak laksana
Memberi hati bimbang gulana
Kasih kepadanya mulia dan hina

Contoh Seloka;

Sudah bertemu kasih sayang
Duduk termangu malam siang
Hingga setampak tiada renggang
Tulang sendi habis terguncang

Nafas kambing di Padang Senja
Dibawa gerobak buntung
Sungguh indah pandangan syurga
Wahai engkau wanita berkerudung

Contoh Talibun;

Jauh dimata jangan di pandang
Jauh dihati jangan di sakiti
Jauh badan jangan di sentuh
Kalau dosa terus di tambang
Walau mati itu pasti Tanda hatimu rapuh

Contoh Puisi;

Berikut ini adalah contoh terkenal dari salah satu karya Chairil Anwar.

AKU
Karya: Chairil Anwar

Kalau sampai waktuku
‘Ku mau tak seorang ‘kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih perih
Dan akan lebih tidak peduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi

Nah, beberapa tulisan tadi adalah macam-macam jenis puisi lama. Selain itu, kalian juga harus memperkaya perbendaharaan kata ya, karena permainan kata dalam penulisan sastra itu sangat penting, tentunya untuk menggambarkan suasana hati, dan juga pikiran kita.

Mau belajar menulis puisi lama dengan baik? Terus pantau di blog Ketelair Indonesia yah...

Kita lanjutkan ke membaca puisi.

Apakah kamu pernah melihat orang yang membaca puisi? Kira-kira bagaimana ya caranya puisi dapat diciptakan dengan indah? Nah, sama seperti karya sastra lainnya, puisi mempunyai unsur-unsur pembangun agar dapat menjadi sebuah puisi yang baik. Unsur-unsur pembangun puisi ini merupakan faktor puisi yang membentuknya dari dalam dan dari luar sehingga akhirnya bisa menjadi sebuah puisi yang indah. Apa saja unsur-unsur yang membangun puisi? Yuk, kita cari tahu.

Unsur Intrinsik Puisi
Unsur intrinsik adalah unsur yang terdapat di dalam karya sastra (puisi). Unsur intrinsik terbagi menjadi dua yaitu, unsur batin dan unsur fisik.

1. Tema
Tema adalah pokok pikiran dasar untuk mengembangkan dan membuat puisi.

2. Rasa
Rasa adalah sikap penyair terhadap pokok permasalahan yang terdapat dalam puisinya. Pengungkapan tema dan rasa erat kaitannya dengan latar belakang sosial dan psikologi penyair, misalnya latar belakang pendidikan, agama, jenis kelamin, kelas sosial, kedudukan dalam masyarakat, usia, pengalaman sosiologis dan psikologis, dan pengetahuan.

3. Nada
Nada adalah sikap penyair terhadap pembacanya. Nada juga berhubungan dengan tema dan rasa. Penyair dapat menyampaikan tema dengan nada menggurui, mendikte, bekerja sama dengan pembaca untuk memecahkan masalah, menyerahkan masalah begitu saja kepada pembaca, dengan nada sombong, menganggap bodoh dan rendah pembaca, dll.

4. Amanat/tujuan/maksud
Amanat yaitu pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar.

5. Gaya Bahasa
Gaya bahasa dalam sebuah puisi akan banyak dijumpai rangkaian kata yang bersifat konotatif, berlebihan, ataupun terkesan merendahkan diri. Inilah yang disebut sebagai gaya bahasa dalam puisi. Biasanya tiap penulis cenderung memiliki gaya bahasanya sendiri, yang paling mudah dilihat melalui majas-majas, seperti personifikasi, metafora, eufemisme, bahkan tak jarang ada yang menggunakan majas ironi. Jadi, gaya bahasa merupakan cara pemakaian bahasa dalam karangan atau bagaimana seorang pengarang mengungkapkan sesuatu yang akan dikemukakan.

6. Rima
Rima adalah kesamaan nada atau bunyi. Rima bisa dijumpai tidak hanya di akhir tiap larik atau baris, namun dapat juga berada di antara tiap kata dalam baris.

7. Tipografi
Tipografi adalah bentuk penulisan puisi. Secara umum, sering ditemukan puisi dalam bentuk baris, namun ada juga puisi yang disusun dalam bentuk fragmen-fragmen bahkan dalam bentuk yang menyerupai apel, zigzag, ataupun model lainnya.

8. Imaji
Penyair juga sering menciptakan pengimajian atau pencitraan dalam puisinya. Pengimajian dapat berupa kata atau rangkaian kata-kata yang dapat memperjelas apa yang ingin disampaikan oleh penyair karena menggugah rasa imajinasi pembaca melalui penginderaan.

9. Kata Konkret
Ada keinginan penyair untuk menggambarkan sesuatu secara lebih konkret atau berwujud. Oleh karena itu, dipilih kata-kata yang membuat segala hal terkesan dapat disentuh. Bagi penyair, hal itu dirasakan lebih jelas.

Unsur Ekstrinsik Puisi
Unsur ekstrinsik puisi adalah unsur yang terdapat di luar karya sastra (puisi).

1. Unsur Biografi
Unsur biografi ini adalah latar belakang pengarang. Latar belakang cukup berpengaruh dalam pembuatan puisi, misalkan penulis puisi yang latar belakangnya berasal dari keluarga miskin, maka jika ia membuat puisi akan sangat menyentuh hati para pembacanya, yang terbawa dari latar belakang penulis sehingga mampu dikesankan dalam sebuah puisi.

2. Unsur Sosial
Unsur sosial sangat erat kaitanya dengan kondisi masyarakat ketika puisi itu dibuat. Misalkan puisi itu dibuat ketika masa orde baru menjelang berakhir. Pada saat itu kondisi masyarakat itu sedang sangat kacau dan keadaan pemerintahan pun sangat carut marut, sehingga puisi yang dibuat pada saat itu adalah puisi yang mengandung sindiran-sindiran terhadap masyarakat.

3. Unsur Nilai
Unsur nilai dalam puisi ini meliputi unsur yang berkaitan dengan pendidikan, seni, ekonomi, politik, sosial, budaya, adat-istiadat, hukum, dan lain-lain. Nilai yang terkandung dalam puisi menjadi daya tarik tersendiri sehingga sangat memengaruhi baik atau tidaknya puisi.

Contoh Soal

1. Unsur biografi, unsur sosial, dan unsur nilai merupakan unsur-unsur yang terdapat di luar puisi. Unsur-unsur tersebut termasuk dalam unsur…

a. Batin
b. Fisik
c. Instinsik
d. Ekstrinsik
e. Internal

Jawaban : D
Pembahasan : Unsur ekstrinsik merupakan unsur-unsur yang terdapat di luar puisi. Kata kuncinya, “In” untuk Intrinsik yang berarti dalam, sedangkan “Eks” untuk Ekstrinsik yang berarti luar. Unsur batin dan unsur fisik termasuk dalam unsur instrinsik. Maka, pilihan yang tepat ialah D.








Semoga penjelasan mengenai unsur-unsur pembangun puisi berserta latihan soal di atas dapat kamu pahami dengan baik ya, Squad. Jika kamu merasa ada materi yang belum kamu kuasai, kamu bisa belajar langsung dengan guru privat melalui ruangles lho. Pilih guru favoritmu dan belajar langsung di manapun dan kapanpun semaumu. Yuk, cari sekarang!

Post a Comment for "Puisi Lama itu Apa ? "