Hikayat Jejak Ki Sidum
MENELUSURI JEJAK KI SIDUM
Ketelair Indonesia_ Nama Ki Sidum sangat erat hubungannya dengan masyarakat Indramayu, ini bisa dihubungkan dengan nama situs di beberapa desa, menurut Babad Dermayu Raden Wiralodra dan Ki Tinggil tatkala mencari Kali Cimanuk sampailah di tepi sungai Citarum. Dalam keraguan mereka berdua beristirahat duduk-duduk di tepi sungai besar itu sambil mengambil buah-buahan hutan untuk dimakan. Ki Sidum merasa kasihan melihat kedua orang ini, dalam Pupuh Tembang Kinanti diceritakan ;//o// wus lami lampah pukulun / saking bagelén negari / tigang tahun lampah hamba / ing pundi cimanuk kali / kula déréng antuk warta / mugi kaki anulungi //o// ki sedum wecana arum / sarwi menggap-menggap aris / dehem watuk awecana / duh ki putu welas mami / iku sira iya keliwat / kesasar lampah iréki //o// puniki kali citarum / karawang bagiyan néki / sampun kaliwat tebih / kedah wangsul malih kaki / amesisir lampah dika / ngalér ngétan lampah néki //o//(Raden Wiralodra berkata), “Sudah lama perjalanan hamba dari Negara Bagelen, sudah tiga tahun hamba mencari Kali Cimanuk namun belum mendapatkan berita dimana letaknya. Semoga Kakek mau menolong hamba.” Ki Sidum menjawab santun dengan napas yang menggap-menggap sambil terbatuk-batuk, “Duh cucu, aku merasa kasihan. Perjalananmu ini tersesat, yang kamu cari sudah terlewat. Ini adalah Kali Citarum berada di wilayah bagian Karawang. Kamu sudah terlewat jauh, maka harus balik lagi dengan mengambil jalan melalui pesisir ke arah Utara terus ke Selatan.”
Siapakah sebenarnya Ki Sidum yang telah memberikan petunjuk tersebut? Setidaknya ada beberapa tempat situs petilasan Ki Sidum di wilayah Indramayu yang sudah sangat dikenal masyarakat diantaranya berada di ; Pasekan, Temiang Sari dan Majasari Sliyeg. Belum lagi ada situs-situs lain yang dikaitkan dengan nama beliau, ini menunjukan bahwa penokohan Ki Sidum mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat. Sementara itu dalam Lontar Babad Dharma Ayu Nagari menjelaskan identitas Ki Sidum ;
Dapatlah diduga bahwa wilayah Dermayu atau pesisir pantura pada jaman dahulu masih merupakan wilayah Pajajaran, hal ini dapat dilihat dari keterangan bahwa Kidang Pananjung atau Ki Sidum merupakan salah satu Tumenggung Sri Baduga Pajajaran. Sehingga ia mengetahui dengan jelas tentang letak posisi kali Cimanuk wilayah bawahan yang dicari oleh Raden Wiralodra dan Ki Tinggil untuk membangun pedukuhan, serta juga dibuktikan dengan adanya titik-titik situs keramat yang berkaitan dengan dirinya. Hal ini menandakan bahwa Ki Sidum memang akrab dengan wilayah pantura di kala jaman itu, sedangkan Dalam Babad Dermayu, Naskah Losarang disebutkan bahwa letak posisi Hutan Kali Cimanuk yang hendak dibabad oleh mereka berdua adalah yang air kalinya berwarna kemerahan sebagai penanda berdekatan jaraknya dengan muara Cimanuk.
Beberapa Sebutan Kidang Pananjung pada Naskah Lainnya;
iku buyut sidum tiyang karihinTerjemah bebas ; Buyut Sidum itu orang dahulu, namanya Kidang Pananjung yang berasal dari Pajajaran. Tumenggung Sri Baduga yang banyak jasanya.
kidang pananjung kang asma
pejajaraan aslinéki
tumenggung sri baduga
kang katah jasa hiréki
Dapatlah diduga bahwa wilayah Dermayu atau pesisir pantura pada jaman dahulu masih merupakan wilayah Pajajaran, hal ini dapat dilihat dari keterangan bahwa Kidang Pananjung atau Ki Sidum merupakan salah satu Tumenggung Sri Baduga Pajajaran. Sehingga ia mengetahui dengan jelas tentang letak posisi kali Cimanuk wilayah bawahan yang dicari oleh Raden Wiralodra dan Ki Tinggil untuk membangun pedukuhan, serta juga dibuktikan dengan adanya titik-titik situs keramat yang berkaitan dengan dirinya. Hal ini menandakan bahwa Ki Sidum memang akrab dengan wilayah pantura di kala jaman itu, sedangkan Dalam Babad Dermayu, Naskah Losarang disebutkan bahwa letak posisi Hutan Kali Cimanuk yang hendak dibabad oleh mereka berdua adalah yang air kalinya berwarna kemerahan sebagai penanda berdekatan jaraknya dengan muara Cimanuk.
Beberapa Sebutan Kidang Pananjung pada Naskah Lainnya;
1. Naskah Majalengka
Hatta, silsilah tersebut dapat kita ketahui dari catatan berikut;
//o// kang satunggil putranné rangga pakuwan metu saking raja sédhangwangi hingaranna sangiyang kokor parennahhé hing panémbong / kang satunggil putranné perebu mundingkawatti / hapuputra kidhang pannajung / kidhang pannajung hapuputra ratu widha / ratu widha hapuputra parrebu wesi perrenahhé hing raja polah //o// kang satunggil putranné hing ngarranna sangiyang madha warrak kang metu saking tompo / kang satunggil putranné hing ngaranna radhén kalipah / kang satunggil putranné hing ngaranna radhén sinom / radhén [hlm. 25] sinnom hiku perrenahhé hing suci //o//Terjemahan bebas ; keturunan Ratu Sunda yang lain bernama Rangga Pakuan lahir dari Raja Sedawangi. Rangga Pakuan disebut juga Sangiyang Kokor bertempat di Panembong. Putra Ratu Sunda yang lain bernama Prabu Mundingkawati, menurunkan putra bernama Kidang Pananjung kemudian menurunkan putra bernama Ratu Wida, kemudian menurunkan putra bernama Prabu Wesi bertempat di Raja Polah. Putra Ratu Sunda yang lain bernama Sangiyang Mada Warak lahir dari Tompo, putra yang lainnya bernama Raden Kalipah, putra yang lainnya Raden Sinom bertempat tinggal di Suci.
Hatta, silsilah tersebut dapat kita ketahui dari catatan berikut;
//o// mangka bedhil hiku dhihedhum-hedhum si gutur geni perennahhé hing mataram / si santommi parrenahhé hing carebon / si hamuk parrenahhé hing banten / mangka putra siliwangi metu sakking padhanna watti hing ngarranna [hlm. 34] rangga mantri //o// rangga mantri hapuputra ratu sélawatti / sélawatti hapuputra sang ngadhipatti parrennahhé hing kuningan / sang ngadhipatti hapuputra ratu sédhalarang / sédhalarang hapuputra perebu caradhéwa / caradhéwa hapuputra ki dhipatti sangacala / dhipatti sangacala hapuputra kidhang panajung / kidhang panajung hapuputra kakalih / kang sepuh hing ngaranna beras harum parrenahhé hing pajalu / kang nganom parrenahhé hing rajapolah //o//2. Babad Galuh
Terjemah bebas dari bagian Pupuh Asmarandana;
Tatkala Prabu Mundingkawati bersama para wadyabalanya bersuka cita melakukan perburuan kidang dan menjangan di tengah hutan maka rombongan masuk ke wilayah menjangan sentana, yang merupakan tempat tinggal daripada menjangan jejadian keturunan dari Prabu Linggaiyang. Tatkala itu Sang Prabu telah bersetubuh dengan menjangan (samaran?), menjangan hamil dan kemudian menurunkan putra, adapun nama-namanya ; Manjangan Gumulung Sakti dan Manjangan Wulung Upas bertempat tinggal di Galunggung. Tanopen Kidang Ancaran dan Kidang Panawungan, yaitu yang merupakan keturunan Prabu Linggaiyang kang sasmata. Manjangan Gumulung Sakti adalah rama dari Manjangan Gumaringsing yang menjadi nata jua. Sang Kidang Panawungan ialah rama dari Sang Kidang Pananjung di Sunda.
Tatkala Prabu Mundingkawati bersama para wadyabalanya bersuka cita melakukan perburuan kidang dan menjangan di tengah hutan maka rombongan masuk ke wilayah menjangan sentana, yang merupakan tempat tinggal daripada menjangan jejadian keturunan dari Prabu Linggaiyang. Tatkala itu Sang Prabu telah bersetubuh dengan menjangan (samaran?), menjangan hamil dan kemudian menurunkan putra, adapun nama-namanya ; Manjangan Gumulung Sakti dan Manjangan Wulung Upas bertempat tinggal di Galunggung. Tanopen Kidang Ancaran dan Kidang Panawungan, yaitu yang merupakan keturunan Prabu Linggaiyang kang sasmata. Manjangan Gumulung Sakti adalah rama dari Manjangan Gumaringsing yang menjadi nata jua. Sang Kidang Panawungan ialah rama dari Sang Kidang Pananjung di Sunda.
Pada bagian Pupuh Durma, menceritakan;
Ketika usianya mencapai 11 tahun, Siliganda (Siliwangi) sudah bisa merebut kembali puri yang telah dikuasi musuh. Setelah takluk Manjangan Gumaringsing akhirnya mengabdi dan diampuni kesalahannya, kemudian ia diberikan wilayah kekuasaan di Negara Galunggung. Selanjutnya Jaka Siliganda menuju ke arah Barat, hingga sampailah di Parayangan. Syahdan Kidang Panawangsa (Panawungan) tatkala melihat bayangan seseorang yang berkelebat segera diburunya. Namun Siliganda segera menjemputnya, disabet dengan anak panah hingga putuslah badan sang kidang gugur seketika. Kemudian putranya hendak belapati kepada sang rama, Kidang Panjing mengejar Sang Siliwangi. Segera ia melepaskan panah, mata panah melucur cepat menembus Kidang Pananjung hingga terjatuh. Namun ia berubah menjadi seseorang yang kemudian cepat menghaturkan sembah bakti kepada Siliwangi. Itulah asal-usulnya adanya Menak Prayangan, ialah kijang berubah menjadi manusia kembali.
Kala dahulu telah menduduki pura selama 11 tahun, sekarang mendadak kembali direbut oleh Jaka Siliwangi. Disitulah Kidang Pananjung, dimaafkan atas kesalahannya malahan diberikan wilayah kekuasaan tempatnya di Panawungan. Sudah kembali keraharjaan di bumi Pajajaran, Siliwangi yang kemudian digadang-gadang menjadi raja.
ANALISA TENTANG KI SIDUM
Ki Sidum disebut-sebut juga masih merupakan leluhur_Sumber, Majalengka. Ada kepercayaan pada sebagian masyarakat Indramayu bahwa keluarga Sumber (orang tertentu) bisa dimintakan berkahnya untuk memohonkan kepada Allah Swt agar cepat dianugrahi akan turunya hujan tatkala dimusim kemarau panjang. Kosa kata “Sidum” sendiri identik dengan suasana di pegunungan yang terdapat lebih banyak curah hujannya ketimbang di wilayah pantura, wilayah dimaksud mungkin adalah daerah Pasundan atau Parahyangan. Kata “Sidum” bermakna ; mendung, situasi banyak mendung menjelang hujan, atau hujan terus-menerus walaupun berupa gerimis atau tidak turun hujan lebat. Sampai-sampai ada keyakinan di masyarakat bahwa ketika keturunan Ki Sidum melakukan hajatan walaupun hajatannya berada dimusim kemarau, seringkali turun hujan (wallahu’alam bisowab). Jika dikaitkan dengan sumber cerita beberapa naskah kuno yang berhasil dikumpulkan, Ki Sidum bisa disimpulkan seseorang dari wilayah kidul atau pegunungan.
Di Desa Ligung, Majalengka ada situs makam Ki Sidum yang terletak dibantaran Kali Cimanuk, Ki Bagus Ade Suwandi Cilandak_Anjatan, Indramayu yang merupakan seorang cucu dari Patu (Tetua) Waluh Sumber. Menjelaskan bahwa dirinya termasuk salah satu generasi dari Ki Bagus Arsitem Sumber_Majalengka, ia masih memegang beberapa warisan Pusaka Sumber secara turun_temurun. Oleh karena itu keluarganya juga ikut menjadi penentu / menunjuk seseorang untuk dijadikan pengganti kuncen Situs Ki Sidum Ligung yang selanjutnya.
foto Ki Tarka |
Ki Sidum memang suka berkelana, dalam Babad Dermayu disebutkan suka malihwarna berubah wujud menjadi seorang kakek petani, juga berpindah-pindah tempat dalam memandu Raden Wiralodra dan Ki Tinggil untuk menemukan letak Kali Cimanuk. Sebagaimana kebiasaan leluhur linuwih jaman dahulu selalu berpindah-pindah tempat untuk menanamkan jasab guna membuka lahan baru yang kelak dihuni oleh orang lain yang membutuhkannya. (diciduk dari naskah kuno dan diterjemahkan oleh wa Tarka)
Wallahu’alam bisowab
Post a Comment for "Hikayat Jejak Ki Sidum"