Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DESA TEMPEL PUNYA DESTINASI WISATA ? AH, YANG BENAR SAJA !

YUK.., KITA KE TEMPEL LELEA
DI TEMPEL AJA !

Pemerhati lingkungan
Desa Tempel
kunjungan siswa ke sanggar pring Tempel

Ketelair Indonesia_ Saat pikiran penat dan butuh rekreasi yang menyegarkan, berkunjung ke desa sambil memandangi hamparan persawahan serta merasakan keramah-tamahan warga lokal pasti jadi pilihan yang menggiurkan. Benar nggak, Sobat Pesona? Beruntungnya, …….. ada banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman seru seperti itu, lho. Salah satunya seperti yang akan diulas kali ini nih, yaitu Desa Wisata Tempel.


Nah, buat Sobat Pesona yang belum tahu, Desa Wisata Tempel ini berada di Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Desa Wisata Tempel bisa dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar 40 menit berkendara dari pusat Kota Indramayu. Tak hanya terkenal berkat keasrian alamnya, desa wisata ini juga dikenal sebagai salah satu desa wisata yang sering menorehkan prestasi, diantaranya ialah Olimpiade Catur tingkat dunia. Yaitu Santo Megaranto, putra dari Bapak Wasdirah yang membuat harum nama Indonesia pada dunia dalam bidang percaturan. Ia putra terbaik desa ini.

Kali ini penulis tidak akan menjelaskan prestasi dalam bidang olimpiade catur tingkat dunia, namun penulis akan mendeskripsikan desa Tempel ini sebagai desa yang asri. Prestasi membanggakan yang berhasil diraih Desa Wisata Tempel ini bukan tanpa perjuangan, melainkan berkat seluruh usaha dari masyarakat lokal dan pemerintah daerah yang memegang teguh komitmen Sapta Pesona. Sapta Pesona adalah sebuah konsep dari masyarakat setempat untuk memberikan rasa nyaman kepada pengunjung, melalui tujuh unsur yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

Cari tahu yuk, Sobat Pesona melalui rangkaian jelajah desa wisata ….., di Desa Tempel kali ini!

1. Jalan-jalan pagi sambil menghirup udara segar di sepanjang kali Tempel sampai Pangkalan, Losarang.

tempat yang nyaman buat bersantai

kali Tempel
Untuk masuk ke desa ini, wisatawan tidak dikenakan biaya sepeserpun, kecuali kita mau menyewa menggunakan perahu kecil yang berada di bawah jembatan kayu itu, tarifnya cukup murah Rp200,000 dan harga parkir Rp12,000 untuk kendaraan motor dan Rp15,000 untuk kendaraan mobil. Harga yang cukup murah bila dibandingkan dengan apa yang akan Sobat Pesona dapatkan di desa ini. Saat pertama kali datang ke Desa Wisata Tempel, Sobat Pesona akan disambut dengan latar asri berupa panorama alam pedesaan yang terhampar padi padi menghijau. Setelah memandangi keindahan lanskap persawahan, waktunya menghirup udara segar disepanjang kali Tempel dengan menaiki perahu kecil yang siap menghantarkan kepada keindahan hutan kecil yang masih perawan.
Udara bersih yang berasal dari persawahan serta bukit kecil dan pepohonan hijau di sekitar tanggul Tempel, Pengauban, Cempeh / Kiajaran sampai Pangkalan-Losarang ini dijamin jadi obat ampuh menghilangkan jenuh akan padatnya perkotaan. View di sini bagus juga buat menambah koleksi foto Instagram-mu, lho!

2. Menikmati kesegaran Air Embung yang berada di dua lokasi

Dilihat dari lokasinya yang berada di persawahan, Sobat Pesona pasti sudah bisa membayangkan betapa segarnya air embung yang satu ini, dong? Ya, Air Embung ini masuk ke dalam salah satu daftar kunjungan yang kudu dilist. Lokasinya di depan Balai Desa Tempel. Di tempat ini, kita dimanjakan oleh indahnya pesona riak air danau yang asri yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk berenang atau sekadar main air.

Ditemani dengan pemandangan masih sangat asri dan dikelilingi sandaran tembok bebatuan yang tersusun rapi yang menjulang tinggi, Air Embung Tempel jadi salah satu spot wajib saat ke Desa Wisata Tempel. Untuk sampai ke sini, Sobat Pesona hanya perlu melalui jalur trekking selama 5 menit dari tempat parkir.

3. Menelusuri situs cagar budaya yang sarat makna

Hal seru lain yang juga bisa Sobat Pesona temukan di Desa Wisata Tempel ini ialah melihat langsung situs cagar budaya dari zaman penjajahan. Terdapat Situs Lebu Lama yang merupakan sebuah peninggalan berupa Bangunan tua balai desa lama yang dibangun pada tahun 1930-an. Kemudian ada pula sumur tua disebelahnya berikut taman air yang mengalir ke pelosok blok di desa tersebut. Nah.., ini bisa kita gali infonya melalui Bapak Mantri H. Taryadi, beliau lah yang menata tempat ini. Menjelajahi destinasi ini bakal membuatmu serasa menembus ke mesin waktu deh, Sobat Pesona! O ya tempat ini berada di dekat jembatan perbatasan Tempel Wetan dan Tempel Kulon.

4. Ingin jenis wisata yang berbeda? Mampir yuk ke Kampung Bata!

Masih di kawasan Desa Tempel, ada objek wisata seru lainnya yang wajib Sobat Pesona kunjungi, yaitu Kampung Bata. Dinamakan Kampung Bata, sebab di area ini terdapat pembuatan bata. Tempat ini berada tepat di bawah jembatan yang menghubungkan desa Tempel wetan dan Tempel Kulon.
Di destinasi ini pas banget buat wisata edukasi bareng anak-anak, Sobat Pesona bisa berinteraksi dan mengetahui proses pembuatan batu bata dari mulai mengolah tanah, mencetak, hingga proses pembakaran bata yang biasanya dilakukan adat kidungan sebelum acara bakar bata tersebut.

5. Suka kegiatan metik buah mangga ? di sini tempatnya !

Tak sekadar desa asri yang cocok buat menyegarkan pikiran, Desa Wisata Tempel juga punya Wisata buat Sobat Pesona yang suka merasakan buah segar ! Perkebunan pohon mangga Tempel ini dimiliki perorangan pada pekarangan lahan pinggir kali yang luas, Hj. Aan atau Hj.  Ani Heriani pemilik lahan menyediakan tempat berteduh untuk sekedar menikmati hasil petikan mangga matang pohon.

6. Bingung mau nyari penginapan ? Tenang !

Berkunjung ke suatu tempat kurang puas rasanya tanpa menginap di rumah penduduk kampung, yah... sambil belajar ilmu kehidupan, bagaimana sih kehidupan di desa itu ? Atau pengen lebih eksotis lagi ? Boleh... ada Rumah Pohon. Kita dapat menikmati tidur dininabobokan ayunan batang pohon karena tertiup angin. Sambil memandang view persawahan yang terhampar.., Hmmm.. beautiful juga bila kita ambil gambar dari ketinggian 7 kaki itu. Menikmati suara burung burung rasanya kita dibawa ke dalam hutan Borneo yang semak belukarnya menyimpan misteri.

villa Seruni (Rumah Pohon)

Menariknya, di sini Sobat Pesona nggak cuma bisa menikmati pemandangan, tapi juga bisa berkesempatan menikmati sajian musik tradisional dan berbincang bincang budaya. Jadi bisa menambah pengalaman dan wawasan baru, nih!

7. Bermalam sambil ditemani terang bintang di pinggir kali Gejud

menikmati kopi
Sobat Pesona nggak akan bisa menolak pemandangan langit malam bertabur bintang yang bisa dinikmati di Pinggir Kali Gejud, deh! Di sini tersedia bumi perkemahan (campsite) yang cocok jadi referensi aktivitas seru saat liburan bersama keluarga atau teman-teman. Pilihan paket berkemah dibanderol mulai dari Rp300,000 per orang untuk durasi menginap 2 hari 1 malam dan sudah termasuk fasilitas makan 3 kali.

Selain bisa memandangi indahnya langit berbintang, Sobat Pesona juga bisa menikmati fasilitas Ngopi sambil bersantai. Sobat Pesona wajib banget mencicipi secangkir kopi racikan konvensional yang merupakan kopi khas desa Tempel.

Nah, jadi Sobat Pesona mau merasakan suasana seperti apa, menginap dan membaur bersama warga setempat, Desa Wisata Tempel, atau di Atas Pohon Seruni Villa, atau camp di Gejud juga boleh.

Selanjutnya, ada pilihan menarik lain khusus bagi Sobat Pesona yang mau berkeliling lebih lama lagi di sekitar Desa Wisata Tempel. Sebab di sini juga masih ada beberapa destinasi menarik lain yang wajib masuk daftar kunjungan.

Nuryadi, anak sanggar

Demianlah selayang pandang tentang aktivitas menarik yang ada di desa Tempel, kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu.

Post a Comment for "DESA TEMPEL PUNYA DESTINASI WISATA ? AH, YANG BENAR SAJA !"