Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pasukan Senyap SMKN 1 Lelea

Kaisa

Hari itu adalah hari literasi dan bulan bahasa, kami para guru bahasa Indonesia SMKN 1 Lelea selalu memikirkan kegiatan_kegiatan yang harus dilakukan. Saat itu sebelum mengadakan kegiatan literasi dan pangung sastra di sekolah, ada sebuah kabar gembira bahwa di Cirebon diadakan perlombaan "Bulan Bahasa" diantaranya lomba musikalisasi puisi, baca puisi, dan monolog. 

bersama kaisa sang juara


Pada Peringatan Sumpah Pemuda itu pula, kami merancang dan berencana mengikuti kegiatan lomba tersebut. Ketua MGMP Bahasa Indonesia, ibu Yus litaningsih, S.Pd. secara bersama_sama (Pak Jaya, Pak Koni, dan ibu Warkeni) memulai memilih siswa yang punya talenta dibidang sastra. diteruskan dengan pemilihan naskah puisi dan naskah monolog. Membagi dengan penuh tanggung jawab kami menggarap latihan secara kontinue. berikut naskah yang kami pilih;

dalam perjalanan


LOMBA MONOLOG
(SMKN 1 LELEA)

Judul : HAM
Sutradara : Abdul Koni, S.Pd. (guru bidang studi Bahasa Indonesia)
Aktor/Aktris : Kaisa
Penata musik : Ari Sadewa
Penata panggung : Rendi Hamdani
Penata lampu : Ranti Kana
sertifikat juara 1

Naskah :
HAM
(Hak Azasi Manusia)
 
(kumau hidupku panjang sepanjang kaki langit, kumau selalu melenggang, lenggang nan tak henti. Sepanjang kaki langit langkah kaki langitku tengadah, dilangit senyuman)

Astaga, aku tertidur setelah membaca buku itu, “Sumpah Pemuda di Pengadilan”

Setelah lama ditahan, tertuduh maju kedepan dan memberikan kesaksiannya dengan suka rela. Mukanya berat bagaikan durian runtuh, suaranya menggema seperti pisau bedah. Tidak seperti seorang politikus ataupun seniman. Ia sama sekali tidak menolak ataupun mencoba memberikan apa yang telah ia lakukannya. Ia menerangkan semuanya dengan singkat, jelas, dan tuntas.

Ia bahkan tidak membantah bahwa ia telah menyetop mobil itu dan langsung menyapa penumpangnya. Ketika kaca jendela mobil itu dibuka, ia mengayunkan celurit kearah leher pengendara mobil itu. Kemudian, mobil itu ia dorong masuk ke dalam jurang dan membakar isinya. Ia hampir saja berhasil ngacir, sodara-sodara. Kalau saja tidak ada seorang BANPOL yang kebetulan lewat, dan langsung melaporkannya pada polisi.

Kurang dari satu hari pelaku pembunuhan brutal itu ditangkap. Lalu masyarakat bertanya-tanya, “Kenapa kamu lakukan pembunuhan brutal, merajalela, membabi buta, hei Kaula Muda....???

“Aku tidak tahu, aku hanya melakukan apa yang kurasakan benar. Aku tidak sengaja menggunakan celurit itu. Karena itulah senjata yang kutemukan disaat keinginan itu muncul. Keinginan untuk apa, aku tak pasti betul, keinginan untuk membunuh atau apa?

Pokoknya, tiba-tiba muncul rasa benci. Kebencian harus disalurkan.

Akhirnya aku ambil saja celurit dari seseorang yang kebetulan sedang buang air besar. Lalu celurit itu aku ayunkan ke arah leher pengendara mobil itu.

Sampai sekarangpun aku tidak tahu siapa dia. Salah dia kenapa aku sampai tidak tahu dia. Kenapa dia melintas dengan mobilnya ketika aku ingin membunuhnya. Itu kesalahannya.

Mobilnya terlalu bagus dan mulus, aku benci seluruh mobil beserta isinya.

Sementara mobil-mobil berkelas yang telah menghina kemiskinan kita, menghina seluruh umat manusia yang terjepit di muka bumi. Barang-barang rakitan yang didatangkan dari negara kaya untuk memeras negeri miskin ini sudah lebih mulia dari makhluk ciptaan yang maha kuasa. Aku melihat, bagaimana pagi-pagi buta para pembantu mencuci berhala itu. Aku melihat mereka berseliweran di jalan-jalan yang kita biayai ratusan trilyun rupiah dari hasil hutang yang harus ditanggung anak cucu kita. Aku jadi sebel... aksesorisnya saja aksesorisnya saja telah melebihi penghasilanku selama hidup. Ini tidak adil !

Jika aku diberi kesempatan sekali lagi, aku akan turun ke jalan dan menyikat seluruh mobil beserta isinya.

“Tunggu dulu, saudara tahu tidak bahwa mobil itu adalah mobil miliknya sendiri, apa salahnya orang memakai mobil miliknya sendiri seperti orang memakai tangannya sendiri. Kalau saudara ingin punya mobil mewah ya kerja dong, banting tulang, kalau perlu korupsi, eh... Jangan ! itu contoh”.

“Oh ya apa saudara ini sudah punya kerja ? Ngomong saja itu bukan kerja, tapi itu adalah orang jual obat namanya. Membunuh orang dengan kekerasan adalah tindakan melawan hukum. Saudara harus dihukum kalau saudara melanggar HAM. Saudara tahu tidak apa itu HAM. HAM adalah Hak Azasi Manusia. Ini negara hukum bukan negara binatang. Tidak perduli saudara ini siapa, mantan pejabatpun harus dihukum. Saya ulangi mantan (mantan apalagi ya) mantan pejabatpun harus dihukum, kalau berani “

Kadang-kadang saja juga suka iri lihat suami orang lebih ganteng, rumahnya lebih mewah, atau mobilnya lebih hebring. Tapi itu perasaan tok. Perasaan tok, tidak menjadikan tindakan asosial. Ataupun kalau ada itu sebagai tindakan mawas diri atau introspeksi. Kenapa orang lain punya rumah mewah, sedangkan saya tidak, kenapa orang lain punya mobil mewah sedangkan saya tidak, kenapa orang lain punya suami ganteng sedangkan saya, belum.

Ya, kalau ingin punya mobil mewah kerja dong.

“ya betul kerja, pemuda harapan bangsa harus bekerja keras. Mengisi kemerdekaan dengan hal hal yang positif. Membunuh orang lain dengan kekerasan adalah tindakan brutal.

Ini apa namanya kalau bukan kecemburuan sosial yang tidak berguna. Saudara harus dihukum mati.. !

'Bagong, Togog, Kampret, Cebong, Genderuwo !!''

Maaf bapak hakim saya memang suka bicara lancar kalau saya sedang emosional.

“ Sudah sudah sudah, jangan ribut dong. Ini pengadialan loh. Bapak hakim kan bukan artis, jangan disorakin....., yang artis kan dewan juri, tepuk tangan buat dewan juri“

Saya ingatkan yah, bahwa apa yang disampaikan dalam persidangan adalah bukti yang harus betul-betul sesuai fakta, bukan asal ngomong.....”

''Menurut cacatan saya bahwa yang saudara bunuh itu adalah seseorang dari keturunan keluarga pahlawan revolusi”

Ini mau dilanjutkan nggak persidangannya....? mau nggak....? kalau mau dilanjutkan, diam dong...”

Karena suasana dipersidangan gaduh, akhirnya sidang dihentikan...!!!

Ini hanya cerita tok, tidak ada dalam dunia nyata. Kaluapun ada itu hanya kebetulan belaka. Pemuda harapan bangsa tidak meminta namun harus memberi apa yang patut diberikan pada bangsa dan negara.

disambut suka cita & mendapat penghargaan

 (kumau hidupku hidup, sepanjang kau tak mati, kumau berbayang kamu, yang hidup diawan, selalu mengawan awani langkah, kakiku di bumi, kini kau tiada, bayangmu tiada, akupun tiada......)

foto bersama merayakan kemenangan

Demikianlah naskah yang dilombakan. Alhamdulillah kami berhasil memboyong Juara Pertama lomba tersebut.

ketua MGMP bahasa Indonesia SMKN 1 Lelea

Post a Comment for "Pasukan Senyap SMKN 1 Lelea"