Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Menulis Artikel ?

menulis artikel


Hallo Sahabat,

Bila telah memiliki media blog, tentu saja kita harus mengisinya dengan menulis artikel yang menarik, bukan ? Nah, mari kita lanjutkan membacanya, agar kita mengetahui cara menulis artikel dengan benar dan menarik !

Artikel merupakan jenis tulisan yang berisi pendapat, gagasan, pikiran, atau kritik terhadap persoalan yang berkembang di masyarakat, biasanya ditulis dengan bahasa ilmiah populer. Artikel opini termasuk dalam katagori teks eksposisi yang berisi argumen seseorang yang dimuat di surat kabar. 

Terdapat tiga hal penting yang harus dipahami terkait dengan artikel opini, yakni struktur artikel opini, argumentasi, dan bahasa. Sebuah artikel akan diawali dengan pernyataan pendapat (thesis statement) atau topik yang akan dikemukakan. Tesis tersebut dikembangkan melalui beberapa argumen. Bagian akhir artikel opini berisi pernyataan ulang pendapat (reiteration), yakni dengan pendangan atau pendapat tersebut.

Yang kedua adalah argumentasi. Selain tesis, bagian terpenting opini adalah argumentasi. Argumentasi yang dikemukakan harus kuat, dalam arti harus didukung dengan data dan fakta karena artikel opini pada umumnya bersifat aktual yang berisi analisis subjektif terhadap suatu permasalahan. Argumentasi yang dibangun harus konstruktif, agar pesan dalam tulisan dapat diserap secara baik oleh pembaca.

Yang ketiga adalah penggunaan bahasa. Bahasa dalam artikel opini biasanya disebut dengan bahasa ilmiah populer, berbeda dengan bahasa ilmiah pada umumnya. Penggunaan bahasa penting untuk diperhatikan dan disesuaikan dengan sasaran pembacanya. Kecenderungan pembaca teks opini adalah membaca tulisan yang tidak terlalu panjang, mudah dibaca, dan mudah dipahami. Oleh karena itu, pada saat kita membuat opini gunakanlah bahasa yang komunikatif, tidak bertele_tele, dan ringkas penyajiannya. Nah, bila kita menulis di blog, lengkapi pula dengan gambar yang sesuai dengan tema tulisan dan gambar yang menarik perhatian, bila gambar berhak cipta maka sertakan pula sumbernya.

Dengan menggali gagasan dan argumentasi, gunakanlah kalimat yang efektif, efisien, dan mudah dimengerti. Selamat menulis dan salam literasi ketelair.

Mudah_mudahan bahasan tentang artikel opini diatas dapat bermanfaat bagi kita! Aamiin....

Post a Comment for "Bagaimana Menulis Artikel ?"