Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP, BAGAIMANA CARANYA ?

membaca kreatif

Dear, Pembaca kreatif...

Membaca kreatif tidak berhenti setelah bacaan di blog tuntas dibaca. Masih ada proses tindak lanjut yang tujuannya berupa peningkatan kualitas hidup.

Mungkin Anda seorang blogger atau pembaca online, ataupun kutu buku. Namun, apakah setiap bacaan artikel atau esai yang baru selesai Anda baca lewat begitu saja ? Ataukah justru mempengaruhi pikiran ? Bagaimanakah upaya agar pengetahuan yang Anda baca benar_benar berguna untuk meningkatkan kualitas hidup Anda ?

Nah, pengaruh yang terjadi pada seseorang usai membaca mencermati kata demi kata dalam sebuah blog tidaklah sama. Hal ini sangat bergantung pada cara membacanya. Berdasarkan tingkatan hasil yang diperoleh setelah membaca, jenis membaca dibedakan atas membaca literal, membaca kritis, dan membaca kreatif.

Membaca literal bertujuan mengenal arti yang tertera secara tersurat dalam teks bacaan. Pembaca cukup menangkap informasi yang tertera secara literal (reading the lines) dalam teks bacaan. Pembaca tidak berusaha mendalami atau menangkap lebih jauh.

Membaca kritis adalah membaca untuk memahami isi bacaan atau membaca secara rasional, kritis, mendalam, disertai keterlibatan pikiran dalam menganalisis bacaan. Dalam membaca kritis, pembaca berupaya memahami lebih dalam artikel / materi yang dibaca. Untuk mencapai tujuan tersebut, pembaca menggunakan empat cara, yaitu bertanya (seolah_olah berdialog dengan teks bacaan), menyimpulkan, menghubungkan satu keterangan dengan keterangan lain, dan menilai ide_ide dalam blog tersebut.

Lalu, Apakah membaca diblog dapat meningkatkan kualitas hidup ?

Yang paling penting dalam kegiatan membaca di blog adalah membaca kreatif. Artinya, kegiatan membaca merupakan sebuah proses untuk mendapatkan nilai tambah dari pengetahuan yang terdapat dalam bacaan artikel di blog, dengan mengidentifikasi ide_ide yang menonjol atau mengkombinasikan gagasan dengan pengetahuan yang pernah didapat sebelumnya. 

Kegiatan membaca blog tidak sekedar menangkap makna dan maksud dari isi bacaan, tetapi juga menerapkan ide_ide atau informasi yang tertuang dalam kehidupan sehari_hari, khususnya yang berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup. Dengan menerapkan informasi diharapkan kualitas hidup pembaca akan lebih terarah dan meningkat. 

Setelah membaca artikel, pada diri seseorang secara otomatis akan tampak sejumlah kemajuan, baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dengan kata lain, tingkatan hasil membaca kreatif lebih tinggi daripada membaca literal dan kritis.

Manfaat  Membaca Artikel di Blog

Pembaca yang kreatif menjadikan blog banyak manfaat sesuai nice bacaan yang dibacanya. Banyak sekali artikel / tema bacaan yang bermanfaat bagi seseorang, misalnya artikel tentang bagaimana bencana alam itu terjadi, sebab dan akibatnya (alam), cara membuat lukisan kaca(Seni), Pemikiran para budayawan (kreatifitas), laporan kondisi sosial (berita), cara membuat naskah drama (Sastra), informasi makanan, barang, kesehatan tubuh, dan banyak nice yang beragam.

Ada juga yang memberikan informasi soal cara memanfaatkan lahan milik sendiri, misalnya membudidayakan tanaman hias, atau tanaman obat. Apabila Anda tertarik untuk memelihara ternak, dari blog pun Anda dapat belajar cara merawat, memilih makanan atau pakan yang diperlukan, bisa jadi Anda dapat bertanya langsung pada pemilik akun tersebut atau narasumber. Pilihan lain untuk menambah pengetahuan antara lain, cara membangun dan menata ruangan secara artistik, termasuk cara merenovasi suatu bangunan agar terkesan lebih nyaman dan indah, itu semua dapat dilihat pada blog. 

Sekarang pun banyak arikel di blog yang menulis cara mengatur keuangan keluarga serta cara berinvestasi untuk masa depan. Tak sedikit pula blogger itu menulis artikel tentang psikologi yang dapat memberi masukan cara mendidik dan mengarahkan perkembangan jiwa anak. Ada pula blog tentang hobi atau keterampilan yang mungkin  bisa memberikan ide untuk memproduksi sesuatu. Dengan membaca kita dapat menerapkan ilmu atau pengetahuan baru yang kita peroleh untuk mengembangkan karier atau meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang sesuai dengan kebutuhan masing_masing.

Sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP, BAGAIMANA CARANYA ?"