Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumput, Penutup Tanah Paling Ideal

Rumput gajah masih menjadi favorit. Bagaimana dengan rumput jepang dan rumput peking ?

Di halaman rumah, rumput apa yang Anda tanam ? Rumput memang penutup tanah yang paling cantik dan ideal. Meski ada tanaman penggantinya, sebangsa tanaman semak macam kucai dan sutera bombay, rumput tetap tak tergusur sebagai pilihan terfavorit.

Adanya hamparan rumput di sisa lahan membuat bangunan rumput tampak lebih sejuk. Ia juga melembutkan wajah rumah. Memandang rumput hijau membentang tentu lebih memikat daripada tanah merah yang dibiarkan telanjang, bukan ?

Seperti juga tanaman lain pada umumnya, untuk tumbuh subur, rumput memerlukan sinar matahari yang cukup. Paling tidak, selama enam hingga delapan jam tiap harinya. Ada bebrapa jenis rumput yang kerap dijadikan untuk menutup lahan di halaman atau pekarangan rumah. Mana yang Anda suka ?

Rumput Gajah

Rumput gajah merupakan jenis rumput yang banyak digunakan. Apalagi, ia terbilang cepat tumbuh begitu menyentuh tanah. Harganya yang lebih terjangkau membuat banyak dibeli orang.

Dijual sekitar Rp. 5.000,_ per meter persegi, rumput gajah sebagai penutup tanah justru harus siap_siap repot. "Karena cepat tinggi, tiap sebulan sekali rumput gajah perlu dipangkas.

Rumput Gajah Mini 

Sejak tahun 2000_an, rumput gajah mini dikembangkan di Bandung, Jawa Barat. Karakteristiknya yang lebih "bandel" daripada pendahulunya, rumput gajah biasa membuat gajah mini cepat merebut hati masyarakat.

Berbeda dengan rumput gajah biasa, rumput gajah mini akan tumbuh baik di tempat teduh di area sekitar bawah pohon sekalipun. "Rumput gajah biasa lazimnya mengindari pohon."

Hingga kini rumput gajah mini masih terus digemari. Untuk memperoleh satu meter persegi rumput gajah mini, peminat harus merogoh uang senilai Rp. 25.000,_. Itu sudah termasuk jasa pemasangan. Jasa tersebut ditawarkan karena rumput gajah mini memerlukan perlakuan khusus dalam penanamannya.

Hal tersulit dalam pemasangan rumput gajah mini ialah menentukan kerapatan tanamnya. Jika terlampau dekat, ia akan tumbuh menebal di bagian tertentu. Alhasil, permukaan tanah yang ditutupi tak tampak mulus seperti permadani hijau.

Rumput gajah mini dan jenis lainnya ditanam dalam bentuk lempengan. Ia perlu disiram dan dipukul_pukul agar akarnya menyatu dengan tanah. "Untuk awal_awal, jangan diinjak dulu supaya cepat tumbuhnya."

Pasca penanaman, rumput gajah mini perlu disiram tiga kali sehari. Guyuran air di pagi, siang, dan sore hari selama satu minggu pertama membantunya mendapatkan kesegaran dan mempercepat proses tumbuh. "Setelah itu, cukup disiram dua kali sehari."

Penambahan pupuk urea akan memperlancar proses adaptasi rumput gajah ke lingkungan barunya. Cukup satu kali dalam sebulan pertama. Selanjutnya, berikan pupuk urea tiga bulan sekali.

Rumput Jepang

Rumput jepang dijual dengan kisaran Rp. 10.000,_ per meter persegi. Daunnya yang kurus tumbuh rapat. Kalau tidak dipangkas sebulan sekali, bagian bawahnya akan berwarna kekuningan. "Saat sudah terlalu rimbun, sinar matahari tak sampai ke bawah. Itulah yang membuatnya kuning."

Rumput jepang perlu pupuk urea yang lebih banyak daripada rumput gajah mini. Dalam satu bulan, ia harus dipupuk dua kali. "Kebutuhan nutrisinya lebih banyak." 

Rumput Peking

Sebelum tahun 2000, rumput peking sempat menjadi idola. Meski pesonanya mulai redup, harga per meter perseginya masih bertengger diangka Rp. 10.000,_. "Perawakannya mirip rumput jepang, namun lebih jarang daunnya." 

Rumput Golf

Yang satu ini jarang diaplikasikan untuk rumah tinggal, kecuali jika Anda rela mengalokasikan dana cukup besar untuk membeli teknologi pemasangannya. Sebab, rum put golf cepat busuk jika tergenang air. "Rumput golf memerlukan resapan yang baik berupa tumpukan ijuk, pasir, batu, serta pipa untuk mengalirkan air di bawah permukaan tanah."

Rumput golf yang ditawar seharga Rp. 15.000,_ hingga 20.000,_ sejatinya memerlukan perawatan ekstra. Karenanya, Anda membutuhkan jasa konsultan arsitektur lanskap. "Itu pula yang membuatnya jarang ditanam di pekarangan rumah."

Bagaimana dengan gulma ? Semua jenis rumput tak ada yang bebas gulma. Tanaman pengganggu ini bisa tumbuh ini di antara rumput entah dengan bantuan angin, burung, atau serbuk bunga di sekitar lokasi tanam. "Sebelum merusak semua rumput hias, gunakan hand spray untuk menyemprotkan pestisida pembasmi gulma."

Post a Comment for "Rumput, Penutup Tanah Paling Ideal"