Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Musikalisasi Puisi

Hallo Sahabat, pernahkah kamu mendengar lagu almarhum Chrisye ''Ketika Tangan dan Kaki Bicara ?"

Chrisye

Berikut ini adalah syair lagu tersebut.

Ketika Tangan dan Kaki Berkata
Lirik : Taufiq Ismail
Lagu : Chrisye

Akan datang hari
mulut dikunci
Kata tak ada lagi
Akan ada masa
tak ada suara
dari mulut kita

Berkata tangan kita
Tentang apa yang dilakukannya
Berkata kaki kita
Kemana saja dia melangkahnya

Tidak tahu kita
bila harinya
Tanggung jawab tiba

Robbana...
Tangan kami...
Kaki kami...
Mulut kami...
Mata hati kami...

Luruskanlah...
Kukuhkanlah...
Di jalan cahaya...

sempurna
Mohon karunia
kepada kami
HambaMu yang hina

Lagu tersebut merupakan puisi yang dinyanyikan dengan iringan musik. Inilah yang disebut dengan musikalisasi puisi. Tujuan musikalisasi puisi adalah memudahkan pendengar memahami makna puisi yang ingin disampaikan penyairnya. Lagi pula, dengan dijadikan nyanyian, sebuah puisi akan lebih mudah diingat oleh pendengarnya.

Kamu bisa menemukan contoh musikalisasi puisi lainnya pada lagu_lagu Bimbo, Ebit G. Ade, dan Uly Siregar Rusadi. Selain itu dimusikalisasikan secara komersial (untuk tujuan bisnis), ada banyak puisi Sapardi Djoko Damono yang disajikan dalam bentuk nyanyian.

Selain disajikan secara utuh sebagai sebuah lagu, ada juga yang berpendapat bahwa musikalisasi puisi adalah pembacaan puisi diiringi musik atau gabungan antara keduanya.

Untuk memusikalisasi puisi, kamu tidak harus menggunakan alat musik lengkap. Kamu dapat saja hanya menggunakan gitar, suling, bahkan mungkin saja kamu menggunakan instrumen lagu lain.

Hal yang harus kamu ingat adalah musikalisasi puisi harus tetap mempertahankan makna yang hendak disampaikan penyairnya. Oleh karena itu, pemahaman tentang suasana, tema, dan makna puisi menjadi sangat penting sebelum melakukan kegiatan musikalisasi puisi.

Pemahaman tentang makna, suasana dan tema puisi diatas adalah mudah dipahami, "Bahwasannya setelah meninggal manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas amal perbuatan yang dilakukan saat masih hidup di dunia. Seluruh tubuh manusia akan bersaksi atas apa yang dikerjakan. Pesan ini menjadi semakin menyentuh hati ketika dinyanyikan dengan iringan musik yang sesuai.  Pesan penyair juga mudah dan disebarluaskan setelah dinyanyikan dibandingkan pesan penyair dalam puisi lain yang tidak dijadikan lagu."

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Musikalisasi Puisi"