Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PULAU BIAWAK INDRAMAYU

 Pulau Biawak Indramayu 

Tempat wisata Pulau Biawak Indramayu ini terkenal karena banyaknya hewan biawak yang mendiami hampir di seluruh pulau. Nama asli dari Pulau Biawak adalah pulau rakit namun karena terdapat banyak biawak yang akan dijumpai ketika mengunjungi pulau ini, pemkab memberi nama lain yaitu Pulau Biawak. Biawak di pulau ini sendiri terbilang cukup unik, sebab jika kebanyakan biawak hidup di hutan dengan air tawar dan sungai biawak di pulau ini lebih banyak hidup di pantai dengan air asinnya.

Biawak-biawak yang terdapat di pulau ini juga bisa dibilang jinak mereka sudah terbiasa berdampingan dengan manusia, jadi ketika Anda berkunjung ke Pulau Biawak dan mendapati sekumpulan biawak yang sedang bercengkrama biawak tersebut tidak akan lari seperti biasanya. Bahkan Anda bisa memberinya makan, hal ini tentu memiliki keunikan dan sensasi tersendiri.

Selain itu, pemandangan Pulau Biawak itu sendiri juga cukup indah untuk dikunjungi. Terdapat sebuah mercu suar tua membantu lalu lintas pelayaran di sekitar Indramayu ini. Setelah puas menikmati keunikan serta eksotisme alam Pulau Biawak yang menyihir mata wisata lain yang bisa Anda kunjungi adalah mercusuar biawak island yang usianya sudah ratusan tahun. Mercusuar tersebut dibangun pada tahun 1872 oleh pemerintah belAnda kala masih menjajah Indonesia, sampai saat ini usianya telah mencapai 184 tahun.

Tinggi daripada mercusuar ini mencapai 65 meter, dan dibangun dengan bahan dasar besi hal ini menjadi unik mengingat pada umumnya sebuah mercusuar dibangun menggunakan material bangunan batu bata. Bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan Pulau Biawak dari atas ketinggian , menaiki mercusuar ini bisa menjadi pilihan.
Namun, Anda perlu berhati-hati saat hendak naik keatas mercusuar mengingat usianya yang sudah sangat tua, kekokohan mercusuar tentu sudah susut ketimbang masih awal dibangun. Mercusuar ini sendiri dibangun oleh pemerintah belanda dulunya atas dan dilaksanakan oleh ZM william III.


Konon, mercusuar ini telah ada sejak zaman penjajahan dahulu. Dua pulau lainnya yang berada di sekitar tempat wisata Indramayu Pulau Biawak adalah Pulau Gosong dan Pulau Candikian.Beberapa tahun terakhir pulau ini ramai diperbincangkan bahkan pemkab Indramayu berencana membangun infrastruktur pendukung sebagai penunjang bagi wisatawan yang akan berkunjung, hal tersebut bukan tanpa alasan sebab jika melihat potensi alamnya yang indah ditambah keunikannya yakni terdapat banyak biawak pemkab Indramayu yakin tempat tersebut bisa go internasional.

Pulau Biawak termasuk dalam deretan pantai laut jawa letaknya berada di utara semenanjung Indramayu sekitar 40 kilo meter dari pantai utara Indramayu, berbagai destinasi menarik akan Anda temui jika berkunjung ke tempat ini dengan waktu tempuh sekitar 2 sampai 4 jam menggunakan perahu motor nelayan atau sekitar 1 sampai 1,5 jam jika menggunakan speedboat milik pemerintah.

Post a Comment for "PULAU BIAWAK INDRAMAYU"