Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

IRWAN AHMETT (BANG IWANG) MERUBAH CARA PANDANG PUBLIK

sumber (https://www.facebook.com//irwan.ahmett)

Irwan Ahmett adalah seniman yang tinggal di Jakarta, yang menggunakan seni untuk menerangi masalah sosial dan mempertanyakan sifat interaksi manusia. Dia menulis tentang intervensi perkotaan interaktifnya, “Saya sering membuat kampanye sosial secara mandiri, melalui strategi komunikatif dan pendekatan seni visual yang menyenangkan. Seperti halnya kegiatan yang menyenangkan, seni akan mampu menyentuh emosi apalagi jika mampu melibatkan masyarakat secara langsung ke dalam proses kreatif sehingga dapat memberikan pengalaman yang nyata”. Irwan kerap bekerja bersama pasangannya, Tita Salina.

majalah.tempo.co

Karya mereka telah dipamerkan di Indonesia dan di seluruh Eropa dan Asia. Mereka telah berpartisipasi dalam proyek dan residensi seniman di Indonesia, Singapura, Belanda, Polandia, AS, dan Jerman. Kedua seniman tersebut tinggal dan bekerja di Jakarta, Indonesia dimana mereka merancang proyek yang berfokus pada masalah sosial di daerah setempat. 

Lulus dari Desain Grafis, Institut Kesenian Jakarta.Karya-karya mereka kebanyakan berupa rangkaian aksi intervensi di ruang publik yang menggunakan benda-benda temuan dan eksperimen situasional, yang dirancang khusus untuk merespon persoalan khusus di tempat yang mereka singgahi dalam waktu tertentu. Dalam beberapa karyanya yang dilakukan di ruang urban, seringkali melibatkan publik. Dengan menjadikan permainan sebagai platform. Irwan membentuk setiap performanya menjadi menarik karena masyarakat dibuat sadar akan hal_hal yang sudah hampir hilang, yaitu kepedulian dan gotong royong. Ia secara serta_merta berbaur dengan sendi kehidupan masyarakat untuk bekerja sama untuk melakukan sesuatu bersama. Sebagai contoh dalam karya pembuatan bola besar yang melibatkan anak_anak dengan memanfaatkan limbah plastik. Bergulung_gulung bola hingga membesar dan terus menggelinding menyusuri gang_gang tersebut. Sungguh pemandangan yang mengagumkan, disamping berkarya dengan mengecat warna_warni bola itu, mereka bekerjasama, riang dan gembira, bermain menggelindingkan bola itu. secara sadar kepribadian yang apatis akan terkikis dan membentuk pribadi yang saling peduli.

Ahmett-Salina memproduksi karya yang kompleks, yang mampu merubah persoalan menjadi ironis serta merubah cara pandang mereka atas kotanya. Dilevel selanjutnya, misi mereka ialah merubah kebiasaan dari penonton dan partisipan.  Duo ini sering mengikuti program residensi seni dan melakukan proyek-proyek seninya di Indonesia, Jepang dan berberapa negara di Eropa. (sumber youtube indoart)

Post a Comment for "IRWAN AHMETT (BANG IWANG) MERUBAH CARA PANDANG PUBLIK"