Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul Bahan Ajar BASA CERBON-DERMAYU untuk SMP/MTs

 Modul Bahan Ajar
 JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA /
MADRASAH TSANAWIYAH
BASA CERBON-DERMAYU

model gadis ngarot

 (SMP/MTs)
 DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT 2021

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

Untuk mendapatkan modul lengkapnya silahkan unduh disini !

1.      KIKD BAHASA CIREBON

 Kelas VII

Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)

Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)

3. Mengingat, memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (menerapkan, menganalisis, meng-evaluasi dan mencipta) berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.

4. Mengamati, menalar, mencoba, menanya, dan menyaji pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dan dengan tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 3 (Pengetahuan)

Kompetensi Dasar 4 (Keterampilan)

3.1  Mengidentifikasi teks deskripsi tentang objek wisata dan peninggalan sejarah di Cirebon  secara lisan / tertulis dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

4.1   Mendiskusikan teks deskripsi tentang objek wisata dan peninggalan sejarah di Cirebon  secara lisan/tertulis dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas  berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan, serta menuliskan teks yang baru.

2. Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang anyar/kiser gancang dan tembang macapat pupuh kinanti) tentang alam, manusia, dan atau Sang Pencipta sesuai kaidah atau paugeran (patokan).

2. Menelaah teks lagu daerah  (berjenis tembang anyar/kiser gancang dan tembang macapat pupuh kinanti) tentang alam, manusia, dan atau Sang Pencipta sesuai kaidah atau paugeran (patokan), dan melantunkannya.

3. Mengidentifikasi teks guneman/percakapan  secara lisan/tulis dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan dan atau kraman / bebasan dan badékan (tebak-tebakan) secara lisan/tulis dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan sesuai paugeran  (patokan).

3. Membacakan dan atau melisankan teks guneman/percakapan dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan dan atau kraman / bebasan dan badékan (tebak-tebakan) secara lisan/tulis dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan sesuai paugeran (patokan), serta menuliskannya.

4.   Mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara wulu, suku, taling, taling tarung, dan pepet dalam aksara Carakan (Hanacaraka).

4.   Menyalin, menelaah, dan  membaca kata yang memiliki sandangan swara wulu, suku, taling, taling tarung, dan pepet dalam aksara Carakan (Hanacaraka), serta menuliskan kata yang baru.

5.  Memahami teks deskripsi tentang  tumbuh-tumbuhan di sekitar berupa nama tumbuhan, nama bunga, nama buah, dan nama biji dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

5.  Menyebutkan, mendiskusikan, dan menuliskan nama  tumbuh-tumbuhan di sekitar berupa nama tumbuhan, nama bunga, nama buah, dan nama biji dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

6.   Mengidentifikasi parikan sewanda, parikan rong wanda, dan guritan (puisi daerah) sesuai dengan paugeran (patokan).

6.  Menyalin, menelaah, dan membaca parikan sewanda, parikan rong wanda, dan guritan (puisi daerah) sesuai dengan paugeran (patokan), dan menuliskan yang baru.

7.  Menyimak teks cerita babad dan  cerita wayang kulit dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

7.  Mendemonstrasikan pembacaan dan menelaah cerita babad dan cerita wayang kulit dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan, serta  menuliskan teks yang baru.

8. Mengidentifikasi kata yang memiliki  sandangan swara  taling, taling tarung, dan pepet dalam aksara Cacarakan / Carakan (Hanacaraka).

8.  Menyalin, menelaah, dan membaca kata yang memiliki  sandangan swara  taling, taling tarung, dan pepet dalam aksara Cacarakan / Carakan (Hanacaraka), serta menuliskan kata yang baru.

Kelas VIII

Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)

Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)

3. Mengingat, memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta] berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.

4. Mengamati, menalar, mencoba, menanya, dan menyaji pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dan dengan tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 3 (Pengetahuan)

Kompetensi Dasar 4 (Keterampilan)

1. Mengidentifikasi teks deskripsi tentang pertanian, perkebunan, perikanan darat, dan kelautan dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

1. Mendiskusikan dan menyajikan teks deskripsi tentang pertanian, perkebunan, perikanan darat, dan kelautan dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

2.  Memahami teks/prosa dan guritan  (puisi berbahasa daerah)  tentang Ki Gedén / Gegedug (tokoh) dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

2.  Membaca dan menulis teks/prosa dan guritan  (puisi berbahasa daerah)  tentang Ki Gedén / Gegedug (tokoh) dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan/bebrayan dan atau kraman / bebasan.

3.  Mengidentifikasi teks surat pribadi dan dinas dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

3.  Menelaah dan menulis teks surat pribadi dan dinas dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

4.  Mengidentifikasi kata dengan sandangan panyigeg wanda (penanda konsonan mati) dalam aksara Cacarakan / Carakan (Hanacaraka).

4. Menyalin, menelaah, dan membaca kata dengansandangan panyigeg wanda (penanda konsonan mati) dalam aksara Cacarakan Carakan (Hanacaraka), serta menuliskan kata yang baru.

5.  Memahami teks wewara (berita), wawancara, poster, dan iklan tentang keberadaan kesenian daerah dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

5. Membaca, menyajikan, dan menulis atau membuat  teks wewara (berita), wawancara, poster, dan iklan tentang keberadaan kesenian daerah dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

6. Mengidentifikasi teks tembang anyar (lagu baru berbahasa Cirebon ) dan tembang macapat pupuh Dandanggula sesuai paugeran (patokan) .

6. Menelaah paugeran (patokan) teks tembang anyar (lagu baru berbahasa Cirebon) dan tembang macapat pupuh Dandanggula dan melantunkannya.

7.  Menyimak teks cerita legenda, babad, dan dongeng beserta kaidah-kaidahnya dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

7.  Mendiskusikan teks cerita legenda, babad, dan dongeng beserta kaidah-kaidahnya dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan dan menuliskan teks yang baru.

8. Mengidentifikasi kata yang memiliki pasangan aksara dan angka aksara dalam aksara Cacarakan / Carakan (Hanacaraka).

8.  Menyalin, menelaah, dan membacakata yang memiliki pasangan aksara dan angka aksara dalam aksara Cacarakan / Carakan (Hanacaraka), serta menuliskan kata yang baru.

Kelas IX

 

Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)

Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)

3. Mengingat, memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta) berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.

4. Mengamati, menalar, mencoba, menanya, dan menyaji pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dan dengan tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 3 (Pengetahuan)

Kompetensi Dasar 4 (Keterampilan)

1. Mengidentifikasi teks deskripsi tentang jenis permainan dan olahraga tradisional daerah Cirebon  dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

1. Membaca dan mendiskusikan teks deskripsi tentang jenis permainan dan olahraga tradisional daerah Cirebon  dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan, serta menulis teks yang baru.

2. Menyimak lagu daerah berupa tembang klasik dan tembang macapat pupuh Durma sesuai kaidah atau paugeran (patokan).

2. Melantunkan lagu daerah berupa tembang klasik dan tembang macapat pupuh Durma, dan menelaah teks lagu sesuai kaidah atau paugeran (patokan).

3.Mengidentifikasi teks sastra berupa wangsalan dan drama pendek dalam bahasa Cirebon .

3.Menalaah  teks sastra berupa wangsalan dan drama pendek, serta bermain peran  drama pendek dalam bahasa Cirebon .

4.  Memahami kata yang memiliki pasangan aksara dalam aksara Cacarakan / Carakan (Hanacaraka).

4. Menyalin dan membaca pasangan aksara dalam aksara Cacarakan / Carakan (Hanacaraka), serta menulis pasangan aksara yang baru. 

5.  Mengidentifikasi teks deskripsi lingkungan sekitar berupa nama-nama hewan, bagian-bagian hewan, dan nama anak hewan dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

5. membaca dan menelaah teks deskripsi lingkungan sekitar berupa nama-nama hewan, bagian-bagian hewan, dan nama anak hewan dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan, serta menulis teks yang baru.

6.  Mengidentifikasi karya sastra berupa crita cindek (cerpen) dan crita guyon (anekdot).

6. Membaca dan menelaah karya sastra berupa crita cindek (cerpen) dan crita guyon (anekdot), serta menulis teks yang baru.

7.  Memahami teks argumentasi kemajuan teknologi informasi dalam anggah-ungguh (tingkatan formalitas berbahasa) padinan / bagongan / bebrayan dan atau kraman / bebasan.

7.  Membaca dan menyebutkan isi teks argumentasi kemajuan teknologi informasi dalam anggah-ungguh (tingkatan berbahasa) padinan / bagongan/bebrayan dan atau kraman / bebasan, serta menulis teks yang baru.

8.  Memahami kata yang memiliki sandangan manda swara (penanda gugus konsonan) dan aksara swara dalam aksara Cacarakan / Carakan (Hanacaraka).

8.  Menyalin dan membaca kata yang memiliki sandangan manda swara (penanda gugus konsonan) dan aksara swara dalam aksara Cacarakan / Carakan (Hanacaraka), serta menulis kata yang baru.


Untuk mendapatkan MODUL LENGKAP BAHASA DAERAH [SMP/MTs]
Silahkan unduh & klik link berikut ini !
Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat !                   

Post a Comment for "Modul Bahan Ajar BASA CERBON-DERMAYU untuk SMP/MTs"