Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul Bahan Ajar BAHASA DERMAYU-CERBON UNTUK SD/MI

 

Modul Bahan Ajar
BASA CERBON-DERMAYU

 JENJANG SEKOLAH DASAR/
MADRASAH IPTIDAIYAH
 (SD/MI)

Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 revisi merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas. Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. 

Berdasarkan KI dan KD, maka disusunlah materi ajar Basa Cerbon-Dermayu ke dalam Garis Besarnya, meliputi bahan ajar kawruh basa, paramasastra, kasusastran, tembang daerah, aksara carakan, serta skenario pembelajaran dan lembar kerja. Materi ajar-materi ajar tersebut disiapkan sebagai sumber awal pengetahuan bagi guru yang selanjutnya guru sendiri yang harus mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam menguasai materi ajar tersebut. Sebagai kegiatan akhir dalam diklat guru Basa Cerbon-Dermayu, guru-guru dievaluasi melalui kegiatan praktik mengajar dalam bentuk micro teaching.

Dilihat dari tujuan dan urgensinya, micro teaching dapat dilaksanakan dalam kegiatan Diklat Guru Basa Cerbon-Dermayu untuk guru-guru yang mengajar Basa Cerbon-Dermayu di SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA yang tersebar di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Karawang, baik dalam kegiatan diklat reguler maupun diklat guru. 

Berikut buku paket Bahasa Daerah untuk SD dari kelas 1 sampai kelas 6

1. Buku Paket Bahasa Daerah Kelas 1

2. Buku Paket Bahasa Daerah Kelas 2

3. Buku Paket Bahasa Daerah Kelas 3

4. Buku Paket Bahasa Daerah Kelas 5

5. Buku Paket Bahasa Daerah Kelas 6

 Semoga bermanfaat, sedulur Dremayu - Cerbon !

1 comment for "Modul Bahan Ajar BAHASA DERMAYU-CERBON UNTUK SD/MI"

  1. Matur kesuwun sanget Ang, buku kangge kelas sekawane dereng wonten...

    ReplyDelete